Bisnis

Penumpang KA Prameks Tiap Tahun Meningkat Hampir 8 Persen

Untuk per hari rata-rata penumpang Prameks mencapai 10.794 penumpang dari sepuluh stasiun yang dilewati.

Penumpang KA Prameks Tiap Tahun Meningkat Hampir 8 Persen
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - KA Prameks tampaknya masih menjadi moda transportasi andalan bagi masyarakat Yogya, Solo dan Kutoarjo.

Hal tersebut terbukti dari catatan jumlah penumpang KA Prameks tahun 2018 yang mana meningkat hampir 8 persen dari tahun sebelumnya.

Eko Budiyanto, Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta menuturkan KA Prambanan Ekspress atau Prameks setiap tahunnya mengalami peningkatan penumpang.

"Untuk total penumpang KA Prameks pada tahun 2018 lalu tercatat mencapai 3.940.671 penumpang," katanya pada Tribunjogja.com, Kamis (31/1/2019).

Baca: Ini Penampakan Ninja Cc Terkecil, Kawasaki Ninja 125

Angka tersebut tercatat meningkat hampir sekira 8 persen dibandingkan dengan capaian penumpang tahun sebelumnya (2017) yang tercatat sejumlah 3.650.144 penumpang.

Sementara itu, untuk per hari rata-rata penumpang Prameks mencapai 10.794 penumpang dari sepuluh stasiun yang dilewati.

Dari sepuluh stasiun tersebut, Eko menjelaskan ada empat stasiun yang memiliki tingkat permintaan penumpang tinggi yakni Stasiun Kutoarjo dengan rata-rata mencapai 1.003 penumpang per hari, Stasiun Lempuyangan dengan rata-rata 1.290 penumpang, Stasiun Tugu Yogyakarta dengan rata-rata 2.760 penumpang serta Stasiun Solo Balapan dengan rata-rata tertinggi yakni mencapai angka 3.384 penumpang per harinya.

Untuk memanjakan penumpang setianya, saat ini PT KAI juga berinovasi dengan melayani penjualan tiket KA Prameks dengan layanan online berbasis aplikasi.

Aplikasi KAI Accees yang bisa diunduh melalui Smartphone berbasis android dan iOS mulai 1 Februari 2019 mendatang akan dapat melayani pembelian tiket online untuk KA Prameks.

Baca: Mulai 1 Februari, Tiket KA Prameks Bisa Dipesan Lewat Aplikasi KAI Access

Layanan ini tentunya akan semakin memudahkan penumpang setia KA untuk memesan tiket KA Prameks tanpa harus antri di loket.

Selain tanpa antri, layanan pemesanan tiket KA Prameks melalui aplikasi ini dapat dilakukan mulai dari tujuh hari hingga lima menit sebelum keberangkatan KA Prameks.

"Pembelian tiket KA Prameks melalui aplikasi, dalam satu kali transaksi hanya dapat melayani satu tiket untuk pemilik akun KAI Access dan dalam satu hari dibatasi maksimal 15 kali transaksi per hari," lanjut Eko pada Tribunjogja.com.

Aturan tersebut, lanjut Eko, berbeda apabila pelanggan KAI datang langsung ke loket stasiun untuk membeli tiket KA Prameks.

"Kalau ke loket langsung maka berlaku satu orang bisa memesan hingga empat tiket," tutupnya. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved