Sport

Pemanah Yogyakarta Masuk 7 Besar Seleksi Nasional

Atlet asal DIY mampu masuk empat besar dan tujuh besar pada seleksi nasional (Seleknas) di Lapangan GA Manulang, Yonkav 7/PS, Kodam Jaya.

Pemanah Yogyakarta Masuk 7 Besar Seleksi Nasional
newsly.in
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM- Sejumlah atlet panahan asal Daerah Istimewa Yogyakarta berpotensi masuk dalam program Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Sea Games 2019 di Filipina dan Olimpiade 2020 di Tokyo.

Pasalnya, atlet asal DIY mampu masuk empat besar dan tujuh besar pada seleksi nasional (Seleknas) di Lapangan GA Manulang, Yonkav 7/PS, Kodam Jaya, 25-27 Januari 2019 lalu.

Dari hasil Seleknas tersebut, empat pemanah DIY yang masuk empat besar di masing-masing nomor meliputi, Prima Wisnu Wardhana, Hendra Purnama, Arif Dwi dan Titik Kusumawardhani.

Dari keempatnya, hanya Prima yang berasal dari nomor compound, sedangkan tiga lainnya turun di nomor recurve putera dan puteri.

Pelatih Panahan DIY, Budi Widayanto menjelaskan, Prima berhasil menjadi yang terbaik dari delapan pemanah putera nomor compound yang ikut serta di kegiatan tersebut.

Baca: Lebarkan Sayap, Naavagreen Akan Buka Cabang Baru di Bintaro dan Jambi

Prima berhasil menjadi juara pada sesi aduan compound putera usai mengalahkan pemanah Jawa Timur, Yoke Rizaldi Akbar 144-141.

Hasil yang sama juga didapat pemanah putera recurve DIY, Hendra Purnama yang mampu menjadi juara sesi aduan, usai mengalahkan rekan sedaerahnya, Arif Dwi Pangestu dengan skor 6-5 (28-28, 29-28, 28-29, 27-29, 29-28, T10-T-8).

Sedangkan Titik Kusumawardhani berhasil menempati peringkat tiga besar usai mengalahkan Linda Lestari (Kalteng) di perebutan peringkat ketiga aduan dengan skor 6-4.

“Kalau untuk kepastian masuk atau tidaknya, memang belum ada kepastian dari PP Perpani untuk hal ini. Namun jika mengacu dari hasil dan jumlah pemanah dalam satu tim di satu nomor adalah empat orang, maka yang berpeluang adalah empat pemanah itu. Tapi karena Pelatnas itu biasanya ada atlet cadangan, bisa jadi sementara ditambah," kata Budi, Selasa (29/1/2019).

Baca: Cerita Titik dan Okka, Dua Atlet Panahan Bantul Saat Berjuang di Asian Games 2018

Jika nantinya akan ada penambahan atlet untuk cadangan, maka DIY juga kembali berpeluang memasukkan dua atlet lain yakni Okka Bagus Subhekti dan Risna Oktavia Hardanik di nomor recurve putera dan puteri.

Pasalnya, kedua atlet ini tercatat menempati peringkat ke-tujuh dan ke-enam untuk babak kualifikasi akhir seleknas kemarin.

Dari enam nama yang berpeluang masuk ke Pelatnas untuk SEA Games dan Olimpiade ini, empat nama sebelumnya telah tercatat masuk di program tersebut yakni, Titik Kusumawardhani, Prima Wisnu Wardhana, Hendra Purnama dan Okka Bagus.

Sedangkan Risna dan Arif Dwi bakal menjadi debutan jika benar-benar direkrut untuk masuk ke Pelatnas senior.

"Kalau dalam Seleknas kemarin, nantinya akan diambil empat pemanah terbaik masing-masing nomor, akan ada empat pemanah DIY yang bisa lolos. Tapi kalau diambil tujuh, ya bisa enam yang lolos," pungkasnya. (*)

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved