Jawa

Bencana Angin Kencang di Magelang, 7 Rumah Rusak Ringan, Puluhan Pohon Tumbang

Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan puluhan pohon tumbang menimpa rumah dan jaringan listrik di empat kecamatan di Kabupaten Magelang.

Bencana Angin Kencang di Magelang, 7 Rumah Rusak Ringan, Puluhan Pohon Tumbang
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Petugas gabungan dari Polres Magelang, TNI, BPBD Kabupaten Magelang, Satpol PP dan PK, GBM, Bravo, Tagana, dan warga setempat mengevakuasi pohon tumbang yang melintangi Jalan Letnan Tukiyat, Klodran, Deyangan, Mertoyudan, Magelang, Kamis (24/1/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Hujan deras disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Magelang, Kamis (24/1/2019).

Akibatnya, puluhan pohon tumbang menimpa rumah dan jaringan listrik di empat kecamatan yakni di Salaman, Mungkid, Mertoyudan, dan Borobudur.

Tujuh rumah rusak ringan, listrik padam di sejumlah wilayah, dan beberapa ruas jalan sempat tertutup aksesnya akibat kejadian ini.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto, mengatakan, hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Magelang, sejak pukul 14.00 WIB siang tadi.

Akibatnya, puluhan pohon tumbang menutup akses jalan, menimpa rumah warga dan jaringan listrik milik PLN di 20 titik lokasi di kurang lebih empat kecamatan, yakni di Salaman, Mungkid, Mertoyudan, dan Borobudur.

"Hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang yang terjadi di wilayah Kabupaten Magelang pada hari Kamis 24 Januari 2019 sejak pukul 14.00 WIB mengakibatkan beberapa pohon tumbang yang menutup akses jalan dan menimpa rumah serta menimpa jaringan listrik," ujar Edy pada Tribunjogja.com, Kamis (24/1/2019).

Titik-titik bencana terjadi di 20 lokasi, yakni di Dusun Sumber, Desa Sidomulyo, Kecamatan Salaman, pohon tumbang menutup akses Jalan Purworejo- Magelang; Dusun Ngrajek, Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, pohon tumbang; Dusun Jagan, Desa Pasuruhan, Kecamatan Mertoyudan, pohon tumbang menutup sebagian akses jalan Soekarno Hatta.

Kemudian di Dusun Deyangan, Desa Banar,Mungkid, pohon tumbang menimpa satu rumah dan menutup sebagian akses jalan; Dusun Kendal, Desa Rambeanak, Mungkid, pohon tumbang menimpa kabel listrik PLN; Dusun Ngaran, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, pohon tumbang menimpa jaringan listrik PLN; Dusun Banar, Desa Rambeanak, Kecamatan Mungkid, pohon tumbang menimpa kabel listrik PLN; Dusun Karanganyar, Desa Rambeanak, Mungkid, pohon tumbang menutup akses jalan;

Lalu di Dusun Saron, Dusun Serak, Desa Rambeanak, Kecamatan Mungkid; Dusun Pabelan 1, Desa Pabelan Kecamatan Mungkid; Dusun Jangkungan , Desa Deyangan, Mertoyudan; Dusun Soko 1 , Desa Sokorini, Muntilan; Gentan , Donorejo, Mertoyudan; Plaosan , Donorejo, Mertoyudan; Dusun Kelon , Borobudur; Pronogaten, Kalinegoro, Mertoyudan; Tawangsari, Ngadiharjo, Borobudur; Desa Candirejo, Borobudur; dan Sojomerto Kidul, Sidomulyo, Salaman.

"Atas kejadian tersebut, kerusakan ringan terjadi pada tujuh rumah warga. Termasuk sejumlah pohon yang tumbang menutup akses jalan, dan menimpa jaringan listrik, sehingga listrik sempat padam di beberapa wilayah," ujar Edy.

Edy mengatakan, pihaknya langsung melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan pihak PLN, Bina Marga Provinsi, PDAM, DPU PR Kabupaten Magelang untuk melakukan pembersihan dan pemotongan batang pohon.

"Kami langsung melakukan penanganan baik dari rumah rusak, pohon yang tumbang, dan jaringan listrik oleh BPBD Kabupaten Magelang bersama, TNI, POLRI, DPU PR, Satpol PP dan PK, GBM, Bravo, Tagana, dan warga setempat. Semua sudah tertangani dengan baik," ujarnya. (*)

Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved