Suriah Ancam Balas Serang Balik Bandara Tel Aviv Israel

Damaskus kemungkinan akan merespon serangan-serangan udara Israel dengan balasan yang sama.

Suriah Ancam Balas Serang Balik Bandara Tel Aviv Israel
IST/SCMM/AP
Dua rudal milik Israel dan Suriah menerangi langit malam di dekat ibu kota Damaskus. Suriah menyatakan serangan udara Israel sebagian besar bisa digagalkan. 

TRIBUNJOGJA.COM, NEW YORK – Duta Besar Suriah untuk PBB, Bashar Jaafari, menyatakan, Damaskus kemungkinan akan merespon serangan-serangan udara Israel dengan balasan yang sama.

Suriah memiliki opsi serangan militer ke Bandara Tel Aviv. Demikian dikatakan Bashar Jaafari lewat akun Twitternya, dikutip Sputniknews, Rabu (23/1/2019) WIB.

Jet Tempur Israel Kembali Lancarkan Serangan Rudal ke Damaskus

Jaafari menyerukan PBB agar bersikap tegas terhadap aksi-aksi sepihak Israel ini.

Ia mengatakan, inilah saatnya bagi Dewan Keamanan PBB bertindak nyata menghentikan serangan berulang-ulang oleh Israel ke wilayah kedaulatan Suriah.

Selama ini, serangan-serangan udara Israel praktis tidak mendapatkan hambatan apapun dari pihak manapun.

Suriah Kembali Gagalkan Serangan Rudal Israel ke Bandara Damaskus

Rusia yang menjadi penyokong kuat Suriah, juga tidak bertindak lebih keras ke Israel, meski beberapa bulan lalu Rusia kehilangan 15 prajuritnya saat pesawat intai mereka ditembak jatuh di Laut Tengah oleh jet tempur Israel.

Serangan rudal Israel secara simultan berlangsung Minggu (20/1/2019), berlanjut Senin (21/1/2019) dini hari ke sekitar Damaskus. Mereka mengincar depot-depot yang diyakini jadi pangkalan pasukan Al Quds Garda Republik Iran.

Rekaman Mencekam Teriakan Pilot Israel Saat Kanopi Jet Tempur F-15 Tiba-tiba Terlepas di Udara

Media Israel, Haaretz, kemarin merilis foto-foto satelit yang menunjukkan dampak serangan rudal Israel di Bandara Damaskus. Foto-foto menunjukkan kerusakan sebuah fasilitas yang diklaim Israel dipergunakan militer Iran.

Pihak Pasukan Bersenjata Suriah dan Rusia beberapa hari lalu menegaskan, sebagian besar rudal yang diluncurkan Israel berhasil dirontokkan system pertahanan udara Suriah. Damaskus menggunakan system rudal Buk-M2 dan Pantsir-1 yang dipasok Rusia.

Israel Punya Lima Senjata Paling Mematikan, Ada yang Mampu Tembakkan 600 Amunisi per Menit

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu mengakui, militernya melakukan serangan rudal ke Suriah. Sasaran yang diincar adalah depot senjata Iran. Aksi militer Israel ke Suriah terhenti cukup lama, dan mulai lagi digelar sejak akhir 2018.(Tribunjogja.com/ Sputniknews/xna) 

Penulis: xna
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved