Kota Yogya

Perolehan Bulan Dana PMI Kota Yogya 2018 Capai Rp 376,8 Juta

Perolehan tahun 2018 ini naik 19 persen dibanding tahun 2017 sebesar Rp 314,7 juta.

Perolehan Bulan Dana PMI Kota Yogya 2018 Capai Rp 376,8 Juta
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Ketua Panitia Bulan Dana 2018 Komandan Kodim 0734 Kota Yogyakarta Letkol Inf Bram Pramudia saat menandatangani berita acara penutupan bulan dana PMI Kota Yogyakarta disaksikan Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Perolehan bulan dana PMI Kota Yogyakarta pada 2018 mencapai Rp 376,8 juta.

Ada kenaikan 19 persen dibanding tahun 2017 sebesar Rp 314,7 juta.

Ketua Panitia Bulan Dana PMI, Komandan Kodim 0734 Kota Yogyakarta Letnal Kolonel Inf Bram Pramudia menjelaskan bahwa perolehan tersebut dirasa belum mencukupi kebutuhan operasional PMI Kota Yogyakarta yang membutuhkan total biaya sekitar Rp 1 Miliar.

"Untuk menutupi kekurangan tersebut maka anggota PMI usaha lain yang sah dan tidak bertentangan dengan azas yang berlaku," ucapnya saat ditemui Tribunjogja.com pada penutupan bulan dana PMI Kota Yogyakarta 2018, di Ruang Bima Balaikota Yogyakarta, Selasa (22/1/2019).

Baca: Lebarkan Sayap, Naavagreen Akan Buka Cabang Baru di Bintaro dan Jambi

Ia menjelaskan bahwa sebenarnya ada kenaikkan 19 persen dibanding bulan dana tahun 2017 sebesar Rp 314,7 juta.

Namun kebutuhan operasional PMI Kota Yogyakarta banyak dan untuk berbagai jenis kegiatan.

"Penggunaan dana yang berasal dari bulan dana PMI 2018 adalah 10 persen disetorkan pada pengurus PMI DIY sebagai sumbangan wajib bulan dana (SWBD) dan 90 persen untuk kegiatan operasional PMI antara lain pelayanan bantuan pertama, pelayanan pertolongan pertama, pengerahan donor darah, dan sebagainya," bebernya.

Bram menambahkan, bulan dana adalah kurun waktu permintaan sunbangan sukarela dari masyarakat untuk membiayai tugas operasional PMI Kota Yogyakarta, pada tahun 2018 akan digunakan untuk kesiapsiagaan penanganan bencana, pelayanan sosial dan kesehatan, donor darah, dan pembinaan generasi muda melalui Palang Merah Remaja (PMR), Korps Sukarela (KSR), Tenaga Suka Rela (TSR), dan Pendonor Darah Sukarela (DOS).

"Salah satu sumber dana untuk membiayai operasional PMI adalah melalui bulan dana yang hingga saat ini menjadi sumber dana utama PMI Kota Yogyakarta. Keberhasilan bulan dana PMI terletak pada partisipasi masyarakat," tambahnya.

Baca: Bantu Evakuasi Korban Pesawat Lion Air, PMI DIY Kirimkan Lima Relawan dan Ambulans

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved