Yogyakarta

Kejuaraan Renang Antarsekolah-Perguruan Tinggi se Indonesia Akan di Gelar di Yogyakarta

Kejuaraan Renang Antarsekolah-Perguruan Tinggi se Indonesia Akan di Gelar di Yogyakarta

Kejuaraan Renang Antarsekolah-Perguruan Tinggi se Indonesia Akan di Gelar di Yogyakarta
TRIBUNJOGJA.COM/ HANIF SURYO
Forum Klub Renang Sleman berfoto bersama usai sesi press conference, Selasa (22/1/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Forum Klub Renang Sleman akan menggelar Kejuaraan Renang Antarsekolah-Perguruan Tinggi se-Indonesia di Kolam Renang Akademi Angkatan Udara (AAU) Tirta Kridha Yogyakarta, 2-3 Februari 2019 mendatang.

Pada even yang kedua kalinya digelar tersebut, pihak panitia menargetkan 600 perenang atlet pelajar serta mahasiswa untuk bisa ambil bagian di ajang tersebut.

"Target itu minimal peserta sama halnya tahun lalu. Untuk tahun ini kami berharap bisa sampai 600-an peserta," ujar Ketua Panitia Ismadi, Selasa (22/1/2019).

Adapun pada kejuaraan ini, panitia membuka 126 nomor perlombaan untuk kategori perorangan dan enam nomor estafet baik masing-masing di bagian putra dan putri.

Baca: Berawal dari Seorang Bobotoh, Zalnando Akhirnya Bisa Menjadi Bagian dari Skuad Persib Bandung

Selain itu, pihak panitia juga membagi kategori perlombaan berdasar kelompok umur (KU), mulai dari KU senior bagi perenang mulai 19 tahun ke atas, KU 1 (16-18 tahun), KU 2 (14-15 tahun), KU 3 (12-13), KU 4 (10-11 tahun) dan KU 5 (sembilan tahun ke bawah).

"Meskipun kejuaraan renang antarsekolah dan perguruan tinggi, tetap pakai kelompok umur sehingga dalam satu nomor nanti bisa jadi juga anak SD yang bertanding dengan anak SMP karena KU-nya yang sama. KU-nya tetap mengaju ke PB PRSI," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Perwasitan dan perlombaan, Agung Purwandono, menambahkan pihak penyelenggara berharap para perenang terbaik pada kejuaraan tahun lalu bisa kembali ambil bagian pada even kali ini.

Baca: Persija Jakarta Daftarkan 24 Pemain ke AFC di Ajang Liga Champions Asia, 4 Pemain Belum Miliki ITC

"Seperti peserta dari SMA 70 Jakarta yang merupakan juara umum tahun lalu kami harapkan tetap mengirim atlet pelajarnya. Untuk tahun ini di setiap jenjang pendidikan akan ada juaranya," sambung Agung.

Agung menjelaskan, kejuaraan ini digelar untuk memacu sekolah-sekolah agar bisa membina anak didiknya yang memiliki bakat di olahraga renang. Terlebih sekolah merupakan basis untuk pembinaan atlet usia dini.

"Peserta dan juga para juaranya akan kami jadikan database untuk provinsi dan juga nasional sehingga memacu setiap peserta untuk selalu mengikuti kompetisi guna meraih prestasi," pungkasnya.(tribunjogja)

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved