Yogyakarta

Lama Tak Dirawat, Bekas Hotel Tugu Terbengkalai

Eks Hotel Tugu yang berada di Jalan Margo Utomo Yogya diketahui sudah lama tidak dipakai dan bahkan dibiarkan tidak terawat.

Lama Tak Dirawat, Bekas Hotel Tugu Terbengkalai
TRIBUNJOGJA.COM / Siti Umaiyah
Sebagian atap eks Hotel Tugu roboh pada Minggu (20/1/2019). Hal tersebut karena bangunan ini sudah lama tidak dirawat. 

TRIBUNJOGJA.COM - Eks Hotel Tugu yang berada di Jalan Margo Utomo Yogya diketahui sudah lama tidak dipakai dan bahkan dibiarkan tidak terawat.

Bangunan yang dibangun sekitar tahun 1880 yang seusia dengan bangunan Stasiun Tugu Yogyakarta sempat mengalami roboh di bagian atapnya pada Minggu (20/1/2019) kemarin.

Sujahro (58), tukang becak yang biasa mangkal di depan Eks Hotel Tugu sangat menyayangkan jika bangunan sebagus itu yang menjadi saksi sejarah kini tidak terawat bahkan dibiarkan roboh di sebagian atapnya.

Dia yang sudah 6 tahun belakangan mangkal di depan bangunan ini mengaku tidak pernah melihat ada petugas yang melakukan pengecekan atau bahkan melakukan perawatan di bangunan yang masuk dalam cagar budaya ini.

Baca: Lebarkan Sayap, Naavagreen Akan Buka Cabang Baru di Bintaro dan Jambi

"Setahu saya tidak terawat. Kan sayang sekali, kalau di kasih ke saya ya mau, soalnya memang bagus bangunannya. Kalau selama saya disini belum pernah melihat ada petugas yang melakukan perawatan. Bahkan kemarin siang ada yang roboh disebagian atapnya," terangnya pada Tribunjogja.com.

Dia menyayangkan jika bangunan semegah itu dibiarkan terbengkalai bahkan dikelilingi tumbuhan-tumbuhan lebat.

Dia menerangkan jika seandainya bangunan tersebut dibuat menjadi museum atau yang lainnya akan bisa menjadi icon, dimana bangunan tersebut tepat berada di tengah kota.

"Kalau dibuka untuk Museum pasti ramai. Apalagi ini pas di tengah kota, pasti banyak yang minat untuk datang. Kalau bekas bangunan apa saya kurang tahu pasti, tapi yang jelas tidak pantas bangunan semegah itu dibiarkan terbengkalai. Sayang sekali tidak termanfaatkan," jelasnya.

Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY, Ari Setyastuti menjelaskan jika selama ini bangunan Eks Hotel Tugu masih memiliki pemilik, dimana saat ini dari pemerintah sudah mengirimkan surat ke pemilik untuk membicarakan hal tersebut.

Baca: Atap Bangunan Bekas Hotel Tugu Roboh, Sudah Lama Tidak Dirawat Pemiliknya

"Dari Dinas Kebudayaan DIY sudah berencana memanggil pemilik untuk mempresentasikan rencana ke depan seperti apa. Surat sudah dikirim, kita ingin memastikan cagar budaya itu dimanfaatkan dan dilestarikan sesuai dengan peraturan yang ada," katanya.

Halaman
123
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved