Yogyakarta

Menko Perekonomian Pastikan Proyek NYIA Kulon Progo Sesuai Target

Dalam tahap Operasional Sebagian pada April nanti, proyek bandara bagian airside dipastikan telah tuntas 100 persen.

Menko Perekonomian Pastikan Proyek NYIA Kulon Progo Sesuai Target
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kemenko Perekonomian sekaligus Ketua Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), Wahyu Utomo (kanan) saat ditemui media di Sleman, DIY, Sabtu (19/1/2019) malam. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Menko Perekonomian melalui Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) memastikan proyek bandara baru, New Yogyakarta International Airport (NYIA) bakal beroperasi pada April 2019 mendatang.

Hal ini disampaikan secara langsung oleh Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kemenko Perekonomian, Wahyu Utomo dalam pertemuannya bersama media di Sleman, Sabtu (19/1/2019) malam.

Sebelumnya, pihaknya juga telah mendampingi Menko Perekonomian, Darmin Nasution yang turut secara langsung memantau perkembangan proyek bandara baru di Kota Gudeg tersebut.

Baca: Lebarkan Sayap, Naavagreen Akan Buka Cabang Baru di Bintaro dan Jambi

"Pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo berjalan sesuai target dan akan mulai beroperasi mulai April 2019, dengan status operasional sebagian," katanya kepada media.

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, dalam tahap Operasional Sebagian pada April nanti, proyek bandara bagian airside dipastikan telah tuntas 100 persen.

Sedangkan untuk proyek penyelesaian area landslide, khususnya fasilitas pendukung seperti lahan parkir, rencananya akan dilakukan secara paralel hingga bandara ini dapat beroperasi secara penuh.

Sedangkan secara penuh, pembangunan NYIA ditargetkan bakal rampung dan selesai dibangun pada Desember 2019 mendatang.

"Dan mulai beroperasi penuh mulai Januari 2020," lanjutnya.

Baca: Warga Penggarap Belum Terima Dana Tali Asih PAG Terdampak NYIA

Keseriusan pembangunan proyek NYIA dapat dilihat dari progres pembangunan yang saat ini masih terus dikebut.

Pihaknya menyebut saat ini total nilai proyek dalam satu hari pengerjaan bisa mencapai angka 22 Milyar Rupiah.

Bandara NYIA sendiri diproyeksikan bakal menjadi satu dari beberapa bandara terbesar di Indonesia.

NYIA bakal mampu menampung penumpang 14 juta orang pertahun atau 8x lipat lebih banyak dibanding kapasitas bandara Adi Sucipto Yogyakarta yang saat ini hanya sebesar 1,7 juta penumpang pertahun.

Selain itu, landasannya akan mencapai panjang 3.250 meter.

Dengan kemampuan runway yang mampu melayani hingga jenis pesawat komersil terbesar dan terberat di dunia sekalipun, layaknya Airbus A-380 maupun Boeing 747 dan 777.

"Kemampuan landasan yang dimiliki oleh bandara baru NYIA ini juga melebihi yang ada di Bandara Soekarno-Hatta," pungkasnya. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved