Seleb

Viu Pitching Forum 2019, Ajang Wujudkan Mimpi Sineas Muda

Viu Pitching Forum 2019 gelar roadshow dan diskusi film di Jogja Film Academy

Viu Pitching Forum 2019, Ajang Wujudkan Mimpi Sineas Muda
Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho
Nia Dinata Sutradara sekaligus praktisi film Indonesia bersama Myra Suraryo Vice Senior Vice President Marketing Viu Indonesia saat diskusi film dalam roadshow Viu Pitching Forum 2019 di Jogja Film Academy, Yogyakarta, Senin (14/1/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Viu Pitching Forum kembali hadir di tahun 2019 ini. Ajang ini merupakan wujud tanggung jawab serta peran Viu selaku penyedia layanan film berbasis online untuk mengembangkan film dari karya sineas muda di Indonesia.

Viu Pitching Forum 2019 sendiri diawali dengan roadshow dan diskusi film di Jogja Film Academy, Senin (14/1/2019).

Lewat ajang ini, Viu mengajak para sineas muda tak hanya di Yogyakarta namun di seluruh nusantara untuk berkreasi dalam bentuk naskah atau ide cerita yang nantinya bakal diproduksi secara profesional oleh Viu dan bakal tayang dalam program karya serial dalam aplikasi Viu.

Tahun 2018 lalu, Viu Pitching Forum berhasil memproduksi dua karya serial original berjudul Halustik dan Knock Out Girl.

Myra Suraryo, Senior Vice President Marketing Viu Indonesia menuturkan lewat ajang ini anak muda dapat mewujudkan mimpinya menjadi seorang sineas profesional sekaligus menjadi ruang untuk memamerkan karyanya dalam lingkup global.

"Kita ingin mewujudkan karya sineas tanah air yang original. Ide-ide dan cerita yang segar. Pemenangnnya nanti akan kita dampingi dan kita produksi secara profesional," katanya kepada media.

Baca: Awali Viu Pitching Forum 2019, Nia Dinata Jumpai Sineas di Yogyakarta

Yogyakarta menjadi kota perdana yang dikunjungi dalam roadshownya tahun ini. Hal ini, terang Myra, tak terlepas dari potensi Yogyakarta yang selalu menghadirkan sineas-sineas muda berbakat dan karyanya sudah banyak dinikmati pencinta film di Indonesia.

"Yogyakarta menurut kami salah satu kota yang berhasil memproduksi sineas berbakat. Potensinya ada di kota ini," lanjutnya.

Rencananya setelah Yogyakarta, roadshow Viu Pitching Forum 2019 ini akan menyambangi sembilan kota lainnya yakni Medan, Balikpapan, Padang, Jakarta, Tangerang, Bandung, Surabaya, Bali dan Manado.

Viu memberikan kesempatan bagi para sineas muda untuk mengajukan dan mengirimkan ide serta cerita segar selama satu bulan yakni mulai 20 Januari hingga 28 Februari 2019 mendatang.

Baca: Viu Pitching Forum 2019, Ajak Sineas Yogya Kembangkan Ide Cerita

Nantinya Viu bakal memilih 10 finalis yang akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti workshop dengan bimbingan sineas profesional tanah air.

"Tahun 2019 ini total kami akan pilih 10 pemenang dan harapannya sih bisa diproduksi semuanya, bukan hanya 2 seperti tahun 2018 lalu," lanjutnya.

Salah seorang sineas senior tanah air, Nia Dinata yang turut hadir dalam diskusi film tersebut menuturkan dibutuhkan terobosan serta wadah baru bagi para sineas untuk mengembangkan karyanya.

Terlebih dalam era sekarang ini, yang banyak mengalami perubahan termasuk perubahan kebiasaan masyarakat dalam menyaksikan film.

"Ini menjadi wadah sekaligus jembatan bagi anak muda yang ingin menekuni dunia film. Ini merupakan jalan untuk menuju kesana. Kalian bakal dibimbing dan diajari untuk mulai dari membuat naskah hingga masuk tahap produksi bahkan tahap untuk memasarkan atau distribusinya. Viu menjadi wadah yang tepat untuk menjadi salah satu media distribusi tersebut bahkan produksinya," ungkapnya. (tribunjogja)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved