Kota Yogyakarta

Tribun Jogja dan Pemkot Yogyakarta Bersinergi Berikan 'Guiding' untuk Wisatawan

Komitmen ini akan diwujudkan dalam berbagai cara diantaranya melakukan guiding soal informasi destinasi wisata dan fasilitas publik.

Tribun Jogja dan Pemkot Yogyakarta Bersinergi Berikan 'Guiding' untuk Wisatawan
IST
Pimpinan Redaksi Tribun Jogja, Ribut Raharjo (baju batik) memberikan cinderamata kepada Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi di sela acara ramah tamah di Kantor Lurah Patehan, Senin (14/1/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - PT Media Tribun Jogja bersama pihak Pemerintah Kota Yogyakarta berkomitmen untuk bersinergi memajukan dunia pariwisata di wilayah Yogyakarta.

Komitmen ini akan diwujudkan dalam berbagai cara diantaranya melakukan guiding soal informasi destinasi wisata dan fasilitas publik.

Pimpinan Redaksi Tribun Jogja, Ribut Raharjo mengatakan, sebagai media yang satu pandangan dengan Pemkot Yogyakarta dalam memajukan wisata, Tribun Jogja berkomitmen melakukan guiding kepada wisatawan ketika akan singgah di Yogyakarta melalui cakupan informasi yang luas dan fleksibel.

“Komitmen kita adalah membuat wisatawan yang datang ke Yogyakarta ini mendapatkan guiding dari informasi yang kita sampaikan melalui berbagai platform,” kata Ribut saat berbincang santai dengan Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi di Kantor Kelurahan Patehan, Senin (14/1/2019) kemarin.

Baca: Lelang Jabatan di Lingkungan Pemkot Yogya Dimulai Februari

Seperti diketahui, Tribun Jogja sebagai media yang telah membuka diri terhadap informasi multi platform telah melebarkan sayap tidak hanya pada produk cetak atau koran fisik.

Lebih dari itu, ada berbagai produk digital seperti live streaming di media sosial, kanal youtube dan portal berita realtime online.

“Ke depan, tentu arah kita membangun kerjasama dengan Pemkot untuk guiding wisatawan ini tidak hanya dari media cetak. Kita juga siapkan tim untuk produksi live streaming kampung wisata, channel youtube wisata gokil dan eksplorasi wisata kuliner di seluruh kelurahan di Kota Jogja,” kata Ribut.

Sementara itu Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyebut, informasi di masyarakat dari media mainstream seperti Tribun Jogja harus proporsional dan berimbang.

Selain itu, media mainstream juga bisa menjadi salah satu referensi valid terhadap segala informasi yang ada di wilayah Kota Yogyakarta.

Baca: Pemkot Yogyakarta dan Kemenag Sinergikan Pelayanan dalam JSS

Ia pun setuju, dengan fungsi media yang harusnya bisa menjadi guiding untuk masyarakat secara luas bukan hanya warga lokal namun juga para wisatawan yang hendak datang ke Yogyakarta.

Apalagi, akses mendapatkan informasi kini sudah semakin dibuat mudah dengan adanya kemajuan teknologi melalui smartphone.

“Saya ingin saat orang masuk Jogja bisa terlayani. Seperti tempat wisata, area parkir, akses jalan, tempat makan. Ketika internet mudah diakses maka HP jadi pemandu paling efektif. Kita (bersama Tribun Jogja) harus bersinergi untuk memberikan info apa saja yang dibutuhkan wisatawan,” kata Heroe.

Terlebih kehadiran bandara NYIA di Kulon Progo, yang bakal berdampak terhadap peningkatan jumlah kunjungan ke Kota Yogyakarta baik untuk wisata atau bisnis.

Oleh sebab itu, perlu ada upya merubah mindset supaya masyarakat Jogja tidak hanya jadi penonton melalui edukasi oleh media seperti Tribun Jogja. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: sus
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved