Kota Yogya

Restorasi Dua Lukisan Karya Raden Saleh Milik Museum Keraton Yogyakarta Butuh Waktu 2 Bulan

Restorasi Dua Lukisan Karya Raden Saleh Milik Museum Keraton Yogyakarta Butuh Waktu 2 Bulan

Restorasi Dua Lukisan Karya Raden Saleh Milik Museum Keraton Yogyakarta Butuh Waktu 2 Bulan
Tribun Jogja/ Hasan Sakri
Michaela Anselmini, seorang tenaga ahli konservator profesional dari Italia didampingi GKR Bendara menunjukkan lukisan karya Raden Saleh yang tengah menjalani proses restorasi dan konservasi di Gedong Pringgodani, komplek Keraton Yogyakarta, Senin (14/1/2019). Keraton Yogyakarta pada tahun ini melakukan restorasi dan konservasi terhadap dua buah lukisan karya Raden yang merupakan potrait Sri Sultan Hamengkubuwono VI dan potrait Gusti Kanjeng Ratu Hageng 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM - Wajah Museum Keraton Yogyakarta perlahan akan berubah sedikit demi sedikit.

Keraton Yogyakarta akan merevitalisasi museum yang dimulai dengan merestorasi dua lukisan karya Saleh yakni potret Sri Sultan Hamengkubuwono VI dan potret Gusti Kanjeng Ratu Hageng.

Restorasi lukisan ini dalam rangka mewujudkan  pelestarian budaya dengan memulai konservasi dua lukisan dari sebanyak 400 buah koleksi karya seni Museum Keraton Yogyakarta.

Selain itu, restorasi ini bertujuan mempreservasi budaya dan artefak secara berkelanjutan.

Penghageng Kawedanan Hageng Nitya Budaya,GKR Bendoro, menyampaikan restorasi lukisan ini penting sebab merupakan bagian dari sejarah, sehingga penting untuk membersihkan dan merestorasi.

"Sementara ini (lukisan -red) hanya dipajang begitu saja, jadi tidak ada pembersihan profesional juga tidak ada restorasi dari orang yang profesional juga," tuturnya saat meninjau lukisan di Kraton Yogyakarta, Senin (14/1/2019).

Baca: Restorasi Lukisan Raden Saleh, Keraton Yogyakarta Datangkan Ahli dari Italia

Baca: Viu Pitching Forum 2019, Ajak Sineas Yogya Kembangkan Ide Cerita

Dengan terbatasnya tenaga konservator profesional dan pendidikan konservasi di Indonesia, maka upaya konservasi di Kraton Yogyakarta sebelumnya memang belum menjadi optimal.

Untuk itu, Keraton Yogyakarta mendatangkan konservator profesional dari ltalia yang saat ini berbasis di Jakarta, Michaela Anselmini.

Michaela Anselmini merupakan seorang restorator karya seni dari ltalia yang belajar dan bekerja pada bidang restorasi karya seni dan konservasi sejak 1993.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved