Kota Yogyakarta

Penertiban APK di Kota Yogyakarta Rutin Dilakukan

Ketua Bawaslu DIY, Tri Agus Inharto menjelaskan bahwa setiap 10 hari sekali, pihaknya bersama wilayah melakukan penertiban secara bergiliran

Penertiban APK di Kota Yogyakarta Rutin Dilakukan
Tribun Jogja/ Kurniatul Hidayah
Ilustrasi: Bawaslu Kota Yogyakarta bersama Satpol PP Kota Yogyakarta saat berdiskusi dengan warga sebelum melakukan penertiban APK di JLan Glagahsari, Senin (19/11). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bawaslu Kota Yogyakarta kembali melakukan penertiban terhadap Alat Peraga Kampanye (APK) yang melanggar aturan.

Ketua Bawaslu DIY, Tri Agus Inharto menjelaskan bahwa setiap 10 hari sekali, pihaknya bersama wilayah melakukan penertiban secara bergiliran dan bersifat rutin.

"Hari ini (kemarin, red) kami menertibkan APK di Mergangsan. Ini sudah kali ketiga di sini. Jumlah APK yang ditertibkan ratusan," bebernya, Senin (14/1/2019).

Baca: Peserta Pemilu Dinilai Belum Pahami Aturan Pasang Alat Peraga Kampanye

Di Kecamatan Mergangsan, lanjutnya, kebanyakan APK yang dipasang tidak pada tempatnya berada di pergola, tiang listrik, serta tiang telepon.

Penertiban itu sendiri, lanjutnya, dilakukan terus hingga masa kampanye berakhir.

"Jadi sudah ada kecamatan yang melakukan penertiban dua hingga empat kali. Ini kami lakukan terus. Jadwalnya bergantian. Satu hari satu kecamatan. Karena kalau serempak, malah repot nanti. Jadi memang lebih baik bergiliran," tandasnya.

Prosedur untuk melakukan penertiban, dijelaskan Agus adalah dengan membuat rekomendasi oleh Panwascam dari masing-masing kecamatan untuk selanjutnya disampaikan ke Bawaslu Kota Yogyakarta guna dilakukan peninjauan hingga eksekusi di berbagai titik yang masuk dalam rekomendasi.

"Data terakhir sudah ada 1.657 APK yang ditertibkan. APK yang sudah diamankan, bisa diambil lagi dan dipasang lagi dengan catatan mengindahkan aturan yang berlaku. Pengambilan APK bisa dilakukan di Panwascam masing-masing," bebernya.

Selanjutnya, Anggota Bawaslu Kota Yogyakarta Noor Harsya Aryosamodro menambahkan bahwa dalam minggu ini teragendakan penertiban akan dilakukan di tiga titik berbeda.

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved