Bantul

Tembi Village Guest House, Sabet Penghargaan Homestay Terbaik Tingkat ASEAN 2019

Penghargaan yang diraih oleh Tembi Village Guest House ini dibidang kategori Homestay terbaik.

Tembi Village Guest House, Sabet Penghargaan Homestay Terbaik Tingkat ASEAN 2019
TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
Wabup Bantul Abdul Halim Muslih didampingi Ketua Desa Wisata Tembi Daud Subroto melihat homestay di Desa Wisata Tembi 

Laporan Reporter Tribun Jogja Ahmad Syarifudin

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL- Kabupaten Bantul patut berbangga karena salah satu usaha jasa dibidang penginapan yang dikelola oleh masyarakat menyabet penghargaan tingkat Asia Tenggarara (ASEAN) yang rencananya akan diserahkan di Vietnam.

Penghargaan yang diraih oleh Tembi Village Guest House ini dibidang kategori Homestay terbaik.

"Penghargaan sebagai homestay terbaik rencananya akan diserahkan dalam acara The 38th, Asean Tourism Forum 2019 di FLC Grand Ha Long Bay Resort, Provinsi Quang Ninh, Vietnam pada 18 Januari mendatang," tutur Ketua Desa Wisata Tembi yang juga sekaligus pengelola dari Tembi Village Guest House, Daud Subroto, Sabtu (12/1/2019) malam.

Baca: Daftar Harga Paket dan Tiket Kegiatan di Desa Wisata Tembi Rumah Budaya Bantul

Menurutnya, penginapan di Tembi bisa meraih penghargaan sebagai salah satu Homestay terbaik karena sering kali mendapatkan kunjungan tamu dari luar negeri.

Khususnya tamu yang datang dari negara-negara Asia maupun Asean.

Ada dari Thailand, China, Taiwan, Korea dan Philipina.

"Homestay ini juga terbuka bukan hanya untuk tamu yang datang dari Asean saja. Tetapi mancanegara seluruhnya, seperti kemarin ada juga tamu dari Jerman, dari Italia satu minggu, dari Amerika dua minggu," tuturnya.

"Tetapi tahun kemarin memang paling banyak tamu datang dari Asean," imbuh dia.

Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengaku turut bangga dan bergembira atas penghargaan yang dapat dicapai oleh penginapan di Tembi.

Menurutnya, penghargaan sebagai homestay terbaik dalam ASEAN Homestay Award 2019 yang akan diterima di Vietnam merupakan pembuktian bahwa penginapan di Bantul sudah dinyatakan berkelas internasional.

Baca: Sambut Kemerdekaan Indonesia, Ibu-ibu Dusun Tembi Lomba Bola Basket Lumpur

"Saya turut senang dan bangga," tuturnya.

Halim berharap atas penghargaan itu dan penambahan sejumlah fasilitas seperti kolam renang akan bisa meningkatkan jumlah kunjungan dan mendorong lama tinggal tamu saat berkunjung.

Sehingga pendapatan pengelola sektor usaha akan meningkat dan ini berarti akan meningkatkan PDRB [Produk Domestik Regional Bruto] Kabupaten Bantul. Karena konsep Homestay yang dikembangkan oleh masyarakat sangat positif dalam rangka mendistribusikan pendapatan yang lebih merata.

"Jadi daripada hotel yang dibuat oleh investor dan pengusaha besar, konsep hunian berupa homestay akan sangat bermanfaat bagi usaha UMKM. Karena akan meningkatkan pendapatan bagi pengusaha mikro kecil menengah," ujar dia.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved