Sleman

KPU Sleman Periksa Sumber Dana Parpol untuk Kampanye

Para peserta pemilihan umum (Pemilu) telah menyerahkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) ke KPU Kabupaten Sleman.

KPU Sleman Periksa Sumber Dana Parpol untuk Kampanye
Tribun Jogja/ Alexander Ermando
Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Para peserta pemilihan umum (Pemilu) telah menyerahkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) ke KPU Kabupaten Sleman.

Laporan itu merupakan tahapan setelah sebelumnya membuat Laporan Awal Dana Kampanye (LADK).

Ketua KPU Sleman Trapsi Haryadi mengatakan pada batas waktu terakhir penyerahan LPSDK, semua peserta pemilu sudah menyerahkan LPSDK.

"Kesemuanya sudah mengumpulkan. Prinsipnya kami menerima dari 16 partai dan dua pasang calon, sementara kalau DPD (Dewan Perwakilan Daerah) itu di provinsi," kata Trapsi, MInggu (13/1/2019).

Baca: KPU Sleman: E-KTP Invalid Rawan Disalahgunakan oleh Pemilih Khusus

Berdasarkan berita acara LPSDK dari KPU Sleman, parpol yang paling banyak memiliki jumlah sumbangan dalam LPSDK yaitu Partai Keadilan Sejahtera yang mencapai mencapai Rp288 juta.

Ada pula beberapa parpol yang jumlah sumbangannya nihil seperti Partai Bulan Bintang, Partai Berkarya, Partai Hanura.

Terpisah, Kordiv Hukum, Data, dan Informasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sleman Arjuna al Ichsan Siregar menjelaskan seluruh dana kampanye yang didapat oleh partai harus melalui rekening khusus dana kampanye.

Hal itu disebutnya untuk mempermudah pengawasan penggunaan dana kampanye.

Namun demikian, Arjuna menyayangkan bahwa setiap parpol hanya punya satu rekening saja. Sehingga untuk pengawasan sumbangan yang masuk ke caleg bisa jadi tidak dilaporkan ke partai.

"Seharusnya caleg yang dapat sumbangan dana kampanye dilaporkan ke partai melalui rekening khusus, baru dari partai dikembalikan ke caleg," jelasnya.

Halaman
123
Penulis: nto
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved