Soccer Style

Wasit Liga 2 : Dilakukan Secara Sistematis, Match Fixing Dapat Tentukan Juara Sejak Awal

Pengaturan skor, atau match fixing yang diduga sangat marak terjadi kompetisi sepakbola Indonesia, disebut sudah dilakukan secara sistematis.

Wasit Liga 2 : Dilakukan Secara Sistematis, Match Fixing Dapat Tentukan Juara Sejak Awal
youthincmag.com
ilustrasi kasus pengaturan skor 

TRIBUNJOGJA.COM - Pengaturan skor, atau match fixing yang diduga sangat marak terjadi kompetisi sepakbola Indonesia, disebut sudah dilakukan secara sistematis.

Bahkan, ironisnya, tim yang nantinya bakal juara, atau naik kasta, telah ditentukan sejak awal.

Hal itu disampaikan Taufiqqurahman, penasihat hukum wasit Liga 2 asal Yogyakarta, Muhammad Irham, yang menemui Satgas Antimafia Bola, untuk membeberkan sejumlah data dan fakta, terkait kasus match fixing, di Mapolda DIY, Sleman, Kamis (10/1/2019) lalu.

Ia mengungkapkan, tersistematisnya praktek kotor itu, dapat dibuktikan dengan adanya beberapa perangkat pertandingan yang tidak bertugas, lantaran dianggap enggan mengikuti arahan, untuk mengatur hasil laga, sesuai dengan keinginan sang dalang.

 

Baca: Rasakan Iga Sapi Jumbo Bumbu Khas Bali di The Captain Resto

"Pakteknya sudah bertahun-tahun. Sebenarnya, teman-teman wasit, maupun perangkat pertandingan lain, sudah gerak sejak lama, karena mengetahui soal praktek ini. Tapi, mereka berpikiran panjang, karena ini menyangkut pekerjaan," ungkapnya.

Taufiqqurahman tidak menampik, mereka yang berani buka suara terkait skandal pengaturan skor tersebut, akan berujung pada jatuhnya sanksi, atau larangan memimpin pertandingan.

Dengan begitu, otomatis, para pengadil pun tak punya pilihan lain.

"Sekarang bayangkan, ada ratusan wasit terdaftar di Liga 2. Tapi, yang memimpin pertandingan ya hanya beberapa di antaranya saja. Ini menunjukkan, sudah banyak sebenarnya yang teriak, tapi ujung-ujungnya kena skors," terangnya.

Karena itu, pihaknya menyambut baik pembentukan Satgas Antimafia Bola.

Baca: Wasit Liga 2 Asal Yogyakarta Sebut Praktik Pengaturan Skor Dilakukan Secara Sistematis

Menurutnya, satuan tugas yang langsung di bawah kendali Mabes Polri tersebut, bisa menjadi sarana bagi para perangkat pertandingan, untuk berani membuka fakta secara gamblang.

"Sekarang kan mumpung ada sarananya. Saya yakin, tim ini mampu membuka tabir buruknya sepakbola Indonesia, untuk menuju ke arah yang lebih baik," ucapnya.

Mengenai siapa sosok-sosok yang selama ini menekan para wasit untuk turut merekayasa hasil pertandingan, ia menolak membeberkannya kepada awak media.

Namun, ia memastikan, semua fakta telah diungkap oleh kliennya di hadapan kepolisian.

"Apakah pihak-pihak yang menekan klien kami, dan perangkat pertandingan lain itu mereka yang kini sudah ditahan, saya tidak bisa sampaikan. Tapi, semuanya sudah kami berikan secara gamblang kepada Satgas," pungkasnya. (*)

Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved