Bisnis

Sasar Transaksi Offline, Bukalapak Gandeng Warung-warung

Platform ini mempermudah distribusi antara warung-warung yang terdaftar sebagai mitra Bukalapak, langsung ke produsen besar.

Sasar Transaksi Offline, Bukalapak Gandeng Warung-warung
internet
Bukalapak 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Untuk merengkuh warung-warung kecil agar tersentuh teknologi, E-commerce Bukalapak memperkenalkan platform baru bernama Mitra Bukalapak.

Platform ini mempermudah distribusi antara warung-warung yang terdaftar sebagai mitra Bukalapak, langsung ke produsen besar.

Terdapat aplikasi Mitra Bukalapak tersendiri yang bisa diunduh oleh para pemilik warung, dari toko aplikasi Google Play Store (Android).

Sejak dikembangkan mulai 2017 lalu, Bukalapak mengklaim ada sekitar 500.000 warung yang sudah bergabung, serta 700.000 pelaku usaha mandiri.

Tahun ini, Bukalapak mengalokasikan investasi Rp 1 Triliun untuk mengembangkan platform Mitra Bukalapak, dengan target menambah jumlah warung lebih banyak.

Baca: Tiga Pelaku Transaksi Fiktif di Bukalapak Dibekuk Bareskrim Polri

"Kami akan investasi Rp 1 triliun untuk mitra warung," jelas CEO Bukalapak, Achmad Zaky dalam acara ulang tahun Bukalapak ke-9 di Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Zaky mengatakan bahwa alasan Bukalapak menyasar sektor offline adalah karena masih banyak potensi dari transaksi offline itu sendiri.

"Transaksi offline di Indonesia masih 95 persen. Dari sekitar 300 juta orang Indonesia, yang pernah belanja online sekitar 20 juta. Sehingga kita lihat sebagai potensi transaksi yang masih besar," jelas Zaky.

Meski menyediakan platform untuk bisnis offline, Zaky mengatakan inti bisnis Bukalapak masih bertumpu pada online, yang disebut Zaky transaksinya telah tumbuh tiga kali lipat.

"Kita ingin membuat ekosistem usaha kecil yang advance agar mereka bisa jadi kelas menengah dan menyokong ekonomi nasional," imbuh Zaky.

Halaman
12
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved