Peresmian Stadion Mandala Krida

Mengintip Megahnya Stadion Mandala Krida, Markas PSIM Yogyakarta yang Miliki Rumput Sekelas SUGBK

Mengintip Megahnya Stadion Mandala Krida, Markas PSIM Yogyakarta yang Miliki Rumput Sekelas SUGBK

Mengintip Megahnya Stadion Mandala Krida, Markas PSIM Yogyakarta yang Miliki Rumput Sekelas SUGBK
TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X didampingi sejumlah pejabat meninjau fasilitas stadion Mandala Krida Baru seusai diresmikan di Kota Yogyakarta, Kamis (10/1/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM - Stadion Mandala Krida kini telah rampung bersolek. Stadion markas tim PSIM Yogyakarta tersebut kini memiliki wajah baru, bukan hanya dari segi bentuk namun juga fasilitas penunjang yang membuat Mandala Krida makin megah.

Kendati telah diresmikan namun bukan berarti pengerjaan proyek Stadion Mandala Krida telah rampung 100 persen. Sebab, masih ada beberapa fasilitas pendukung yang belum terselesaikan. Fasilitas itu antara lain lampu penerangan dan penambahan genset.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga (Disdikpora) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan sejumlah venue pembinaan olahraga di DIY telah dibangun di Kompleks Stadion Mandala Krida Baru di antaranya venue panjat tebing, bola volly pasir, bola basket outdoor, sepatu roda, balap motor, sirkuit atletik internasional, serta lapangan sepak bola.

Dua venue yaitu panjat tebing serta voli pantai bahkan telah digunakan untuk Pelatnas PB FPTI di Asian Games 2018 lalu menorehkan 3 medali emas, 2 perak, 1 perunggu. Sedangkan cabor bola voli pantai menyumbang 2 medali perak, dan 1 medali perunggu.

Baca: Inilah Sosok Ibu dan Anak yang Bergulat dan Dililit Ular Piton di Gunungkidul

"Kemudian untuk melengkapi kesempurnaan Stadion Mandala Krida Baru ini ada empat hal yang kita rencanakan pengadaannya tahun 2020 di antaranya lampu stadion dan penerangan jalan, kursi tribun (single seat), video tron skor board, dan pusat jajanan makanan serta minuman di lingkungan stadion," ujar Baskara.

Tahun 2013 lalu menandai babak baru bagi Stadion Mandala Krida yang pamornya sempat meredup seiiring sarana prasana serta fasilitas penunjang lain yang tertinggal di banding dua homebase tim DIY lainnya, yaitu Stadion Maguwoharjo (PSS Sleman) dan Stadion Sultan Agung Bantul (Persiba).

Kini wajah Stadion Mandala Krida mengalami perubahan total. Terutama bangunan utama stadion yang kini lebih modern dan berkelas internasional.

Baca: Stadion Mandala Krida Kini Punya Sirkuit Atletik Bersertifikat Internasional

Baca: Setelah Vanessa Angel, Tak Lama Lagi Polisi Panggil Lima Artis Berinisial AC, TP, BS, ML dan RF

Di dalam Stadion juga terdapat lapangan sepakbola berstandar internasional dikelilingi sirkuit atletik berstandar internasional yang diklaim terbaik se-Indonesia.

Rumput Zoyzia Matrella Linn Merr yang ditanam sekira November 2018 lalu kini mulai menghijau merata di semua sisi lapangan. Dipastikan, rumput tersebut nantinya bakal membuat Mandala Krida menyamai kualitas Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta dan berbagai stadion besar di Indonesia.

Sedangkan untuk lintasan lari yang menggunakan bahan sintetis berwarna peach dan merah bata telah terpasang sesuai standar internasional. Sebelumnya, dilakukan pengecoran beton yang juga membuat lintasan tersebut memiliki kualitas baik.

Halaman
12
Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved