Bank BPD DIY Championship

Bank BPD DIY Siap Tingkatkan Kejuaraan Atletik BPD DIY Championship jadi Event Internasional

Bank BPD DIY Siap Tingkatkan Kejuaraan Atletik BPD DIY Championship jadi Event Internasional

Bank BPD DIY Siap Tingkatkan Kejuaraan Atletik BPD DIY Championship jadi Event Internasional
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Sejumlah pelari muda saat berpacu dalam salah satu kategori perlombaan dalam Bank BPD DIY Championship ke-4 di Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Kamis (10/1/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Kejuaraan atletik yang diinisiasi oleh Bank BPD DIY dan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) DIY yakni Bank BPD DIY Championship kini memasuki gelaran keempat.

Dilaksanakan di Stadion Mandala Krida Yogyakarta pada Kamis, 10 Januari 2019 event ini menjadi upaya menjaring bibit muda atlet lari dilingkungan DIY. Ada sekira 400 atlet muda dari seluruh DIY turut andil dalam kejuaraan tersebut.

Santoso Rohmad, Direktur Utama (Dirut) Bank BPD DIY mengungapkan, kejuaraan atletik Bank BPD DIY Championship yang bekerjasama dengan PASI tersebut tak menutup kemungkinan untuk dinaikkan levelnya menjadi level internasional. Terlebih saat ini Yogyakarta telah memiliki venue atletik mumpuni, di Stadion Mandala Krida.

"Mungkin (level Internasional), sekarang kita sudah fasilitas bagus," katanya disela kejuaraan, Kamis (10/1/2019).

Baca: 400 Atlet Ambil Bagian di Kejuaraan Atletik BPD DIY Championship ke-4

Pihaknya juga menilai untuk menaikkan ke level Internasional perlu beberapa pertimbangan. Dampak pariwisata, sosial, ekonomi semua harus diperhitungkan sehingga harapnya event internasional bukan hanya ajang yang bereuforia saja namun bisa benar benar memiliki multiplier effect yang besar bagi masyarakat khususnya DIY.

"Sekarang kita sudah punya fasilitas bagus, ini ada dampak sosial ekonominya. Kalau event ini bisa jadi level internasional, gaungnya akan semakin terasa," tandasnya.

Baca: Dukungan Bank BPD DIY Tumbuhkan Bibit Muda Lewat Kejuaraan Atletik Bank BPD DIY Championship

Dengan diresmikan Stadion Mandala Krida, praktis DIY telah memiliki venue atletik yang mumpuni. Disebut lintasan lari Mandala Krida telah memenuhi standar internasional, yang dibuktikan dengan diperolehnya seritifikat dari Internasional Association of Atletic Federations (IAAF).

Meski mendapatkan sertifikat untuk standar 2. Namun tingkatan ini sudah termasuk tinggi, karena dapat menggelar kejuaraan internasional.

Dari fasilitas cabang atletik, selain dilengkapi nomor lari jarak pendek dan jarak jauh, juga dilengkapi fasilitas untuk nomor-nomor lompat dan lempar. Lintasan lari pun dibuat beda warna sehingga memudahkan atlet menandai lintasannya khususnya mereka yang berkebutuhan khusus.(tribunjogja)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved