Wacana Bus Trans Java Ditentang Pengusaha Bus AKAP

Ide Menhub Budi Karya Sumadi untuk membuat moda transportasi umum Trans Java menggandeng BUMN dan Damrin, ditolak pengusaha bus AKAP

Wacana Bus Trans Java Ditentang Pengusaha Bus AKAP
IST/Kompas.com
Ilustrasi Bus Angkutan Penumpang 

TRIBUNJOGJA.COM - Keberadaan Jalur tol Trans Jawa membuat Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengeluarkan ide untuk membuat moda transportasi umum bertajuk Trans Java.

Dalam wacananya, pengoperasian bus tersebut nantinya akan menggandeng instansi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni Jasa Marga dan Damri.

Namun, wacana tersebut ternyata membuat para pengusaha bus antar kota antar provinsi (AKAP) meradang. Pasalnya, bila hal tersebut dilakukan maka bisa mempengaruhi bisnis dan usaha yang selama ini telah dirintis oleh para pengusaha bus AKAP.

Pengurus Pusat Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) Anthony Steven Hambali, menjelaskan, wacana yang dilontarkan oleh Menhub mendatangkan kekecawaan bagi para pengusaha bus.

Apalagi selama ini para pengusaha bus sudah berusaha mengikuti segala macam regulasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Sebenarnya ini baru gagasan, tapi sudah sangat berdampak apalagi nanti bila hal tersebut dilakukan. Harusnya kementerian lebih memperhatikan kami, selama ini kami sudah mati-matian mengikuti regulasi, tiba-tiba tol ini jadi (Trans Jawa) langsung mereka berencana membuat transportasi sendiri, lantas bagaimana dengan kami," ucap Anthony yang juga pemilik PO. Sumber Alam, Senin (7/1/2018).

Anthony menjelaskan, keberadaan tol Trans Jawa menjadi sebuah titik cerah bagi pengusaha bus. Keberadaan tol yang menyambung dari Merak hingga Pasuruan ini membuat beberapa pengusaha kembali bergairah dan menyusun langkah bisnis baru ke depannya. (Stanly Ravel)

.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengusaha Transportasi Meradang dengan Bus Trans Java ala Menhub"

Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved