Ekonomi Indonesia Positif, Menteri Diminta Tetap Waspadai Gejolak Ekonomi Global

Pertumbuhan ekonomi sepanjang 2018 telah mencapai 5,15. Adapun inflasi tumbuh di bawah 3,5 persen. Selain itu, sejumlah indikator ekonomi juga positif

Ekonomi Indonesia Positif, Menteri Diminta Tetap Waspadai Gejolak Ekonomi Global
IST
Ilustrasi Perang Ekonomi Dunia 

TRIBUNJOGJA.COM - Tak seperti negara-negara lain, perekonomian Indonesia tumbuh positif dari tahun ke tahun, termasuk pada tahun 2018 lalu.

"Saya telah mendapatkan laporan dari Menteri Keuangan, di tengah ketidakpastian ekonomi global, alhamdulilah perekonomian nasional kita tumbuh positif," ujar Presiden Jokowi dalam pembukaan Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (7/1/2019).

Dikatakan, pertumbuhan ekonomi sepanjang 2018 telah mencapai 5,15. Adapun inflasi tumbuh di bawah 3,5 persen.

Selain itu, Jokowi juga membeberkan sejumlah indikator ekonomi positif, salah satunya terjaganya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.

"Realisasi APBN 2018 menunjukan kinerja yang sangat sehat dan kredibel. Defisit, berdasarkan dari laporan terakhir yang saya terima sebesar 1,76 persen dari PDB," ujar Jokowi.
"Kemudian keseimbangan primer ini juga sangat penting. Keseimbangan primer negatif Rp1,8 triliun atau sudah mendekati 0. Ini patut kita garisbawahi, hasil ini jauh lebih baik dari APBN Rp87,3 triliun," lanjut dia.

Selain itu, pendapatan sepanjang 2018 juga mencapai Rp1.942 triliun, melampaui target APBN 2018.

"Terakhir, belanja negara untuk mendukung target pembangunan nasional juga dinilai optimal, yakni mencapai 99,2 persen dari APBN 2018," ujarnya.

Waspadai Gejolak Global

Meski tren ekonomi Indonesia positif, Presiden Jokowi meminta menteri-menterinya tetap waspada dengan kondisi perekonomian global yang tidak menentu.

"Di 2019 ini, saya kira kita masih akan menghadapi tantangan yang tidak ringan, gejolak ekonomi di dunia, tekanan-tekanan eksternal. Oleh sebab itu, saya minta konsolidasi antara sektor riil, dunia usaha, industri, moneter dan fiskal terancang dengan baik," ujar Jokowi.

"Sehingga, langkah-langkah tegas dan konsisten dalam pengendalian impor dapat dilakukan, lalu memacu ekspor dan meningkatkan modal masuk lebih baik pada 2019 ini," lanjut dia. (Fabian Januarius Kuwado)

.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi: Alhamdulilah, Perekonomian Nasional Kita Tumbuh Positif..."


Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved