Aktivitas Merapi

25 Ribu Masker Disiapkan BPBD Kabupaten Klaten, Antisipasi Hujan Abu Merapi

Berdasarkan informasi dari BPPTKG, saat ini tingkat aktivitas Gunung Merapi masih dalam status Waspada (Level 2).

25 Ribu Masker Disiapkan BPBD Kabupaten Klaten, Antisipasi Hujan Abu Merapi
ist
Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) BPBD Kabupaten Klaten melakukan assesment awal dan membagikan masker usai guguran lava pijar Gunung Merapi yang menyebabkan hujan abu tipis di sejumlah desa di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Jumat (4/1/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - BPBD Kabupaten Klaten menyiapkan sekitar 25 ribu masker terkait dampak dari adanya guguran lava pijar yang menyebabkan abu vulkanik di sekitaran puncak Gunung Merapi.

BPBD Kabupaten Klaten menerima laporan kejadian hujan abu vulkanik yang terus-menerus oleh warga masyarakat sekitar Kemalang, Klaten.

Sabtu (5/1/2019) siang ini, satu desa yakni Desa Balerante juga mengalami hujan abu.

Kendati tak berdampak signifikan terhadap aktivitas warga namun pihak BPBD Klaten berinisiatif untuk menyiapkan 25 ribu masker jika sewaktu-waktu hujan abu terjadi.

Baca: Aktivitas Merapi, Hanik: Tidak Ada Aktivitas yang Signifikan

Kepala BPBD Kabupaten Klaten, Bambang Giyanta menjelaskan pada Jumat (4/1/2019) malam, pihaknya telah mengirimkan 2600 masker ke Desa Tegalmulyo, Kemalang saat kejadian abu vulkanik pada Jumat malam lalu.

"Total ada 25 ribu masker disiapkan oleh BPBD Klaten," jelasnya.

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan pihaknya menggutus Kabid Kedarutatan dan Logistik untuk meninjau secara langsung di desa-desa yang ada di lereng Merapi guna memantau perkembangan dan kondisi.

Berdasarkan laporannya pada Sabtu, (5/21/2019) siang ini tepatnya pukul 11.50 WIB, hujan abu tipis kembali menyelimuti sekitar lereng Merapi.

"Hujan abu tipis terjadi di lereng merapi. Sangat tipis dan tidak berdampak pada aktivitas warga," katanya.

Sementara itu, Kepala BPBD Provinsi Jawa Tengah, Sarwa Pramana juga ikut memantau perkembangan Gunung Merapi langsung ke Kabupaten Klaten.

Halaman
12
Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved