Gunungkidul

Parpol di Gunungkidul Laporkan LPSDK, Dana Kampanye Partai Nasdem Tertinggi

Partai Nasdem tercatat menjadi parpol yang melaporkan dana kampanye tertinggi di Gunungkidul, yaitu sebesar Rp 413 juta.

Parpol di Gunungkidul Laporkan LPSDK, Dana Kampanye Partai Nasdem Tertinggi
Tribun Jogja/ Suluh Pamungkas
Ilustrasi Pemilu 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Partai Politik (Parpol) peserta pemilu 2019 di Kabupaten Gunungkidul telah memberikan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) pada Rabu (2/1/2019) lalu.

Dari hasil pelaporan tersebut, Partai Nasdem tercatat menjadi parpol yang melaporkan dana kampanye tertinggi di Gunungkidul, yaitu sebesar Rp 413 juta.

Tim Cyber Polda Metro Jaya akan Cari Penyebar Hoaks 7 Kontainer Surat Suara dari China

Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul, Rohmat Qomarudin mengatakan untuk LPSDK paling rendah yang dilaporkan adalah dari Partai Garuda yang melaporkan Rp 0.

"Semua partai sudah melaporkan semua kecuali PKPI yang memang tidak partisipasi di Gunungkidul, LPSDK partai itu sendiri sudah mencakup dana kampanye tiap-tiap calegnya, kemarin Alhamdulillah tidak ada yang terlambat sebelum pukul 18.00 sudah melaporkan semuanya," ujarnya pada Tribunjogja.com, Kamis (3/1/2019).

Baca: Rasakan Iga Sapi Jumbo Bumbu Khas Bali di The Captain Resto

Rohmat mengatakan Partai Garuda di Gunungkidul calon legislatif (caleg) ada, akan tetapi hingga saat ini belum ada aktivitas dari Partai Garuda.

"Setelah LPSDK akan ada laporan lagi yaitu Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) yang dilaporkan pada tiga hari setelah penetapan peserta pemilu dan ditutup delapan hari setelah pemungutan suara," katanya.

Lanjut Rohmat, jika partai politik sampai tidak melaporkan LPPDK maka yang bersangkutan dapat dikenakan sanksi, yaitu berupa tidak bisa ditetapkan jika calonnya menang dalam pemilu.

"Jika partai politik tidak melaporkan maka yang terpilih tidak akan ditetapkan partai politiknya itu semua tidak akan ditetapkan," jelasnya.

Baca: KPU Gunungkidul Pastikan Anggota PPK dan PPS Netral Dalam Pemilu 2019

Sementara itu Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani mengatakan, dalam LPSDK ada beberapa aturan yang harus dipenuhi yaitu dana yang didapat tidak boleh dari pemerintah atau badan usaha milik pemerintah, dan dana dari pihak asing.

Halaman
12
Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved