Bantul

KPU Bantul Terima LPSDK Parpol Peserta Pemilu 2019

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul telah menerima laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK) dari para peserta pemilu.

KPU Bantul Terima LPSDK Parpol Peserta Pemilu 2019
Ist
logo KPU 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul telah menerima laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK) dari para peserta pemilu.

Namun ditemukan kendala yakni dana kampanye yang berasal dari dana pribadi calon legislatif (caleg) turut ter-input dalam LPSDK ini.

Koordinator Divisi Hukum KPU Bantul Mestri Widodo menyebut, hal tersebut terjadi karena kesalahpahaman dalam memasukkan data melalui aplikasi Sidakam (sistem dana kampanye).

Katanya, masih perlu dipetakan kembali data yang telah masuk tersebut, untuk mengetahui mana dana pribadi dan mana yang termasuk sumbangan.

Baca: Rasakan Iga Sapi Jumbo Bumbu Khas Bali di The Captain Resto

"Semuanya sudah masuk, saya sudah buat demografi. Sudah scan data. Kalau di web nanti dulu, karena banyak data yang harus dicek lagi. Karena banyak yang salah paham," kata Mestri ditemui Tribunjogja.com di kantor KPU Bantul, Kamis (3/1/2019) siang.

"Karena sekarang pakai aplikasi, kadang-kadang ongkos calegnya sendiri akan ter-input di parpol. Misal caleg mengeluarkan kaos atau apa, itu akan terinput di sana. Padahal itu bukan sumbangan. Kalau sumbangan kan dari pihak lain, selain caleg," jelasnya.

Kendati demikian, pihaknya mengapresiasi para peserta pemilu yang telah waktu memasukkan data sumbangan dana kampanye.

"Untuk paslon itu ada tiga LPSDK, ada tiga form. LPSDK 1 yang terkait dengan anggaran yang akan diumumkan. Parpol juga sama ada 4 LPSDK, yang LPSDK 1 yang akan dilaporkan," terangnya.

Baca: Semua Peserta Pemilu di Kota Yogya Serahkan LPSDK

"Semua parpol sudah menyampaikan sebelum jam 18.00 tanggal 2 Januari kemarin, paling akhir mengumpulkan pukul 17.25," ujar Mestri.

Hingga Kamis (3/1/2019) siang, pihaknya masih mencoba memtakan dana pribadi yang masuk ke parpol.

Halaman
12
Penulis: amg
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved