Gunungkidul

27 SD Negeri di Gunugkidul Akan Diregrouping

Regrouping dilakukan atas dasar Surat Edaran Mendagri nomor 421.2/2501/Bangda/1998 tentang pedoman pelaksanakan Penggabungan (Regrouping) SD Negeri.

27 SD Negeri di Gunugkidul Akan Diregrouping
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Sebanyak 27 sekolah dasar negeri pada tahun ajaran 2018/2019 akan diregrouping atau dilakukan penggabungan kepada sekolah yang jumlah muridnya kurang dari 70 siswa.

Regrouping dilakukan atas dasar Surat Edaran Mendagri nomor 421.2/2501/Bangda/1998 tentang pedoman pelaksanakan Penggabungan (Regrouping) SD Negeri.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul, Bahron Rasyid, mengatakan regrouping dilakukan untuk efektifitas dan efisiensi tenaga pendidikan.

"Jumlah total SD Negeri di Kabupaten Gunungkidul berjumlah 474 sedangkan yang akan diregrouping sebanyak 27 sekolah," katanya pada Tribunjogja.com, Kamis (3/1/2019).

Baca: Rasakan Iga Sapi Jumbo Bumbu Khas Bali di The Captain Resto

Alasan 27 sekolah diregrouping menurutnya adalah pada 27 sekolah tersebut jumlah murid kurang dari 120 anak.

Ditambah, setiap tahunnya yang mendaftar di 27 sekolah tersebut semakin menurun.

"Idealnya sekolah dasar mempunyai peserta didik sejumlah 120 murid, dari 27 sekolah tersebut muridnya kurang dari 70 anak. Jadi dengan regrouping diharapkan proses belajar mengajar dapat lebih efisien dan efektif," ujarnya.

Sementara itu, kepala bidang SD Disdikpora Kabupaten Gunungkidul, Sudya Marsita mengatakan selain kekurangan murid, guru di Kabupaten Gunungkidul mempunyai kualitas yang sama, maksudnya adalah saat ini sudah tidak ada lagi guru yang berstatus PNS mengajar dengan seenaknya sendiri.

Baca: Kunjungan Wisatawan ke Gunungkidul Selama 2018 Tak Penuhi Target Pemerintah Daerah

"Ada guru dengan status PNS hanya mengajar sebanyak 8 murid sedangkan honor guru tersebut sama dengan guru yang mengajar puluhan murid. Jadi dengan adanya regrouping kerja guru PNS lebih efektif dan efisien," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved