Kulon Progo

Pembangunan NYIA Genjot Peningkatan Gangguan Kamtibmas

Gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat berupa kriminalitas dan kecelakaan lalu lintas di Kulon Progo cenderung tinggi selama 2018.

Pembangunan NYIA Genjot Peningkatan Gangguan Kamtibmas
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kulonprogo 

TRIBUNJOGJA.COM - Gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) berupa kriminalitas dan kecelakaan lalu lintas di Kulon Progo cenderung tinggi selama 2018.

Di antara faktor penyebabnya adalah masifnya pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) dan berbagai proyek lain yang pesat berkembang.

Data Kepolisian Resor Kulon Progo, jumlah laporan gangguan kamtibmas yang ditangani selama 2018 mencapai 872 kasus. Angka ini meningkat 3,68 persen atau 31 kasus dibanding 2017 yang hanya ada 841 kasus.

Baca: Gelar Razia Gabungan, Polresta Yogyakarta Amankan Ratusan Botol Miras

Kapolres Kulon Progo, AKBP Anggara Nasution menyebut adanya sejumlah proyek pembangunan di wilayah ini membawa dampak ekonomi pada masyarakat.

Seperti dinamika pola konsumsi dan kemudahan akses transportasi yang memuluskan keluar masuknya barang ke Kulon Progo. Termasuk di antaranya peredaran narkoba serta kian munculnya beragam tindak kriminal.

"Adanya program pembangunan seperti NYIA tidak menutup kemungkinan menimbulkan efek negatif berupa meningkatnya kejahatan yang terjadi. Namun, kami sudah berusaha melakukan langkah kepolisian untuk menjamin aktivitas masyarakat aman dan nyaman," kata Anggara, Selasa (1/1/2019). (tribunjogja)

Penulis: ing
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved