Jawa

TACB Magelang Inventarisir Bangunan yang Berpotensi Cagar Budaya

Dari 300 bangunan yang disebut bangunan kuno, sebagian diantaranya diduga adalah bangunan yang berpotensi menjadi cagar budaya.

TACB Magelang Inventarisir Bangunan yang Berpotensi Cagar Budaya
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Museum Sudirman, yang ada di di Jalan Ade Irma Suryani, Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang. 

TRIBUNJOGJA.COM - Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang telah melakukan inventarisasi terhadap bangunan-bangunan di Kota Magelang pada tahun 2016 lalu.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang, Sugeng Supriyadi mengatakan, dari inventarisasi tersebut, terdapat 300 bangunan yang disebut bangunan kuno.

Sebagian diantaranya diduga adalah bangunan yang berpotensi menjadi cagar budaya.

"Tahun 2016 lalu, kami pernah lakukan inventarisasi terhadap bangunan-bangunan kuno, hasilnya ada 300 bangunan. Sebagian besar adalah kepemilikan pribadi, sisanya milik pemerintah," ujar Sugeng pada Tribunjogja.com.

Bangunan tua tersebut sampai saat ini belum dapat dikatakan bangunan cagar budaya, dan masih dianggap bangunan kuno yang berstatus 'abu-abu', bukan sebagai bangunan warisan budaya atau cagar budaya, karena statusnya belum jelas.

Proses penetapan belum berjalan sepenuhnya, karena Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) baru mulai bekerja di tahun 2018 ini.

Kendala lainnya adalah rekomendasi bangunan warisan budaya ataupun cagar budaya memerlukan proses pengkajian yang panjang, data yang sulit, dan waktu yang lama.

"Tim dari TACB memang baru mulai bekerja tahun 2018 ini, sehingga bangunan tersebut saat ini masih diinventarisasi terlebih dahulu. Nanti tim akan lakukan pengkajian terhadap bangunan yang sangat banyak itu, mana saja yang berpotensi menjadi bangunan warisan budaya atau cagar budaya. Tentunya proses ini membutuhkan waktu yang lama, dan proses yang panjang," kata Sugeng.

Kesulitan lain yakni hampir 90 persen bangunan kuno tersebut adalah hak milik perorangan atau pribadi.

Sisanya, berada di tangan pemerintah.

Halaman
123
Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved