Rencana Pembangunan Jalur KA Semarang - Yogyakarta, Bakal Dibangun Tahun 2023 via Magelang

Sepanjang jalur tersebut, nantinya ada stasiun untuk mengangkut peti kemas, hingga stasiun khusus untuk depo pasir di Muntilan

Rencana Pembangunan Jalur KA Semarang - Yogyakarta, Bakal Dibangun Tahun 2023 via Magelang
TRIBUNJOGJA.COM / Rento Ari Nugroho
Rangkaian kereta api Joglosemarkerto yang terdiri dari dua kereta eksekutif dan tujuh kereta ekonomi ketika diluncurkan di Stasiun Solobalapan, Sabtu (1/12/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM - Rencana pembangunan jalur Kereta Api (KA) Semarang-Yogya yang direncanakan pada 2023 bakal dilengkapi dengan kebutuhan-kebutuhan industri.

Sepanjang jalur tersebut, nantinya ada stasiun untuk mengangkut peti kemas, hingga stasiun khusus untuk depo pasir di Muntilan.

Kepala Bidang Jaringan Transportasi dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan Jawa Tengah, Henggar Budi Hanggoro, mengatakan, ada beberapa stasiun di rute tersebut untuk menampung kebutuhan industri.

Selain untuk rute angkutan massal, jalur KA tersebut juga untuk angkutan barang.

“Stasiun di jalur itu nanti multi fungsi. Di Magelang, ada beberapa stasiun, mulai dari Secang ada drypot (daerah industri), Peti Kemas. Ada KA Barang, KA orang,” ujar Henggar, saat dikonfirmasi, Rabu (26/12/2018).

Ia mengatakan, moda transporasi KA dari Semarang ke Yogyakarta akan memberi alternatif transportasi massal antara dua daerah itu.

Henggar menambahkan, salah satu stasiun di Magelang akan dibangun di Muntilan.

Di titik itu, akan dibangun khusus untuk mengangkut material pasir dari Gunung Merapi.

Sejauh ini, kata dia, pasir diangkut melalui truk-truk dan tidak jarang memenuhi jalanan Semarang-Yogyakarta.

“Di Muntilan, ada KA depot pasir. Saat ini truk pasir berjalan memenuhi jalanan Semarang-Yogyakarta, nanti akan diganti dengan KA,” ujarnya.

Halaman
12
Editor: ton
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved