Kulon Progo

Pembangunan Konstruksi NYIA Kian Masif, Kerawanan Lalu Lintas di Temon Meningkat

Lalu lintas pada jalan di dekat kawasan proyek pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Temon sangat rawan terjadi kecelakaan.

Pembangunan Konstruksi NYIA Kian Masif, Kerawanan Lalu Lintas di Temon Meningkat
TRIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi meninjau proyek pembangunan New YOgyakarta INternational Airport (NYIA) di Temon, Kulon Progo, Jumat (14/12/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Lalu lintas pada jalan di dekat kawasan proyek pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Temon sangat rawan terjadi kecelakaan.

Kepolisian mencatat cukup banyak korban jiwa karena kecelakaan lalu lintas di kawasan tersebut.

Kepala Satuan Lalu Lintas, Kepolisian Resor Kulon Progo, AKP Maryanto mengakui bahwa adanya proyek infrastuktur itu menjadi penyebab meningginya kerawanan lalu lintas di sekitarnya.

Baca: 13 Langkah Flawless Make Up Look Flormar, Lengkap dengan Video Tutorial

Pasalnya, lokasi proyek tepat bersebelahan dengan jalan nasional lintas Yogyakarta-Purworejo yang cukup ramai pengendara.

Kerawanan terjadi lantaran lalu lalang armada angkutan material untuk proyek NYIA melalui jalan tersebut berikut adanya ceceran material sehingga kerap menimbulkan antrean panjang kendaraan yang hendak melintas hingga kecelakaan lalu lintas.

Pihaknya mencatat sejauh ini sudah ada sekitar 16 kejadian kecelakaan lalu lintas kategori berat di jalan nasional depan lokasi proyek NYIA itu.

Kebanyakan melibatkan truk material, kendaraan roda empat maupun roda dua.

Ini terjadi pada ruas jalan sepanjang wilayah simpang Demen hingga simpang Pangkalan (Sindutan).

"Mayoritas berupa tabrakan antara truk pengangkut material dan sepeda motor. Selain itu, banyak kejadian-kejadian kecelakaan skala ringan. Jumlahg kejadiannya memang cenderung meningkat sejak konstruksi bandara mulai dikerjakan," kata Maryanto pada Tribunjogja.com, Jumat (21/12/2018).

Baca: April 2019, Pesawat Penerbangan Internasional Dijadwalkan Bisa Mendarat di Bandara NYIA Kulonprogo

Pihaknya sebetulnya sudah melakukan sejumlah upaya bersama Dinas Perhubungan Kulon Progo untuk meminimalkan potensi kecelakaan.

Halaman
123
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved