Yogyakarta

Lonjakan Penumpang di Bandara Adisutjipto Diprediksi Meningkat 7,2 Persen

Jumlah penumpang di Bandara Internasional Adisutjipto saat libur Natal dan Tahun Baru diprediksi akan mengalami lonjakan sebanyak 7,2 %

Lonjakan Penumpang di Bandara Adisutjipto Diprediksi Meningkat 7,2 Persen
IST
Marsekal Pertama TNI AU Teddy Rizalhadi saat memimpin apel gelar pasukan Natal dan tahun baru, di Bandara Adisutjipto pada Kamis (20/12) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Jumlah penumpang di Bandara Internasional Adisutjipto saat libur Natal dan Tahun Baru diprediksi akan mengalami lonjakan sebanyak 7,2 % dibandingkan dengan tahun lalu.

Riyaman, Airport Operation and Services Departemen Head Bandara Adisutjipto menerangkan jika tahun lalu jumlah penumpang saat mudik Nataru sejumlah 26.025 penumpang dan tahun ini jumlah penumpang naik menjadi 28.237.

"Mulai 23-24 Desember sudah ada kepadatan. Arus balik sebanyak 27.977 yang kita prediksi puncaknya di H+1 Januari. Untuk operasional dari pukul 05.00-00.00 , tapi kalau ada airline yang membutuhkan kita akan siap membuka bandara," terangnya

Dia juga menerangkan jika Angkasa Pura juga akan melakukan extra flight dengan tujuan Jakarta, Makassar, dan Balikpapan.

Baca: Antisipasi Lonjakan Penumpang, Bandara Adisutjipto Tambah 30 Flight

"Extra flight 14 , kalau tahun lalu 16. Tujuan ada 5, Cengkareng, Halim, Ujungpandang, Balikpapan. Operasi per hari ini melayani sampai H+5," jelasnya

Untuk antisipasi lonjakan penumpang ada beberapa fasilitas di bandara yang ditingkatkan.

Antara lain dengan membuka ruang tunggu yang baru.

"Nanti ada pemisahan, Lion dan Batik akan di pintu 6, 7, 8. Garuda Citilink dan Wing di pintu 2, 3, 4. Jadi dengan pemisahan mudahan-mudahan ada kenyamanan jasa angkutan udara. Untuk cuaca yang tidak menentu, kami akan selalu koordinasi dengan BMKG, apabila ada cuaca buruk maka kami tutup. Ini untuk keselamatan penerbangan," jelasnya

Sementara itu, Danlanud Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI AU Teddy Rizalhadi mengatakan jika nantinya akan ada 300 personil dari TNI, Polri, Basarnas, Pramuka yang siap mengamankan libur natal dan tahun baru di Bandara Adisucipto.

"Baru saja kita melakukan apel gelar kekuatan untuk pengaman natal dan tahun baru di bandara Adisucipto, kita melaksanakan seperti lebaran tahun lalu, kita full kekuatan melaksanakan pengamanan di bandara Adisucipto. Kekuatan TNI polri ada sekitar 300 personil, yang kita siagakan. Dari Basarnas kita juga menyiapkan, termasuk dari Angkasa Pura," ungkapnya.

Baca: AP 1 Resmi Buka Pos Terpadu Nataru di Bandara Adisutjipto Yogyakarta

Selain itu, nantinya pihaknya juga akan melakukan rekayasa lalu lintas sebagai antisipasi adanya kemacetan

"Pengamanan khususnya sepanjang jalan Solo seperti biasa, kalau terjadi kepadatan tidak bisa dilalui maka lanud Adisutjipto dan Akademi Angkatan Udara (AAU) akan membuka gerbang, jadi nanti dari mulai gerbang sebelah timur AAU akan kita buka sampai ke depan kantor Danlanud, sampai ke tugu contong atau ke Karangjambe," terangnya.

Untuk antisipasi gangguan keamanan, dia mengatakan masih seperti yang lalu yakni adanya bahaya dari barang-barang ilegal yang diselundupkan lewat cargo ataupun ancaman dari orang yang ingin mengacau keamanan

"Seperti teroris akan kita tingkatkan keamanan. Kita waspada terus, dengan kerjasama yang erat dengan instansi lain yang buat maka kita bisa antisipasi. Latihan rutin mulai besok free, kita berikan kepada airline semua. Nanti baru terbang tanggal 3 Januari," katanya.

Dia berharap dengan adanya pengaman dan fasilitas yang diberikan akan membantu masyarakat maupun wisatawan yang berlibur di Yogyakarta menjadi lebih nyaman dan aman. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved