Sleman

Pemkab Sleman Kembali Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Mentor

Pemkab Sleman Kembali Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Mentor

Pemkab Sleman Kembali Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Mentor
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Sleman 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman mendapat penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori mentor 2018 dari Kementerian Pemberdayaan, Perlindungan Perempuan dan Anak (PPPA).

Penghargaan APE ini merupakan keberlanjutan dari prestasi Kabupaten Sleman yang sebelumnya diraih di mana pada tahun 2012 meraih kategori pratama, kemudian tahun 2013-2014 kategori madya, tahun 2016 kategori utama dan pada tahun 2018 kategori mentor.

Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan penghargaan ini telah membuktikan bahwa Sleman berkomitmen dalam melaksanakan amanah dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2016-2021 tentang pemberdayaan masyarakat dalam kategori responsive gender yang sesuai dengan penghargaan APE ini.

"Ke depannya saya berharap pembangunan yang responsive gender dan berkeadilan gender ini akan terus ditingkatkan, baik dari segi perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasinya," ucap Sri Purnomo.

Baca: Peserta JKN-KIS di Kabupaten Sleman Telah Mencapai Universal Health Coverage

Pemkab Sleman berkomitmen untuk melaksanakan Pengarusutamaan Gender (PUG).

Upaya yang dilakukan antara lain dengan menempatkan kebijakan PUG pada visi dan misi kabupaten, menganggarkan PUG di seluruh OPD, memberikan perhatian kepada kelompok rentan yang meliputi ibu, lansia, perempuan, disabilitas dan anak korban kekerasan.

Untuk memudahkan kelompok rentan, Sleman telah menyediakan Layanan Sosial Satu Pintu di Dinas Sosial, Puskesmas Santun Lansia, Puskesmas Ramah Anak dan Layanan Integrasi Dokumen Layanan Kependudukan yang diinisiasi oleh Dinas Dukcapil Sleman.

Selain itu, PUG ini juga diterapkan melakukan sinergi dengan akademisi, dunia usaha, dan lembaga masyarakat. (tribunjogja)

Penulis: nto
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved