Permilu 2019

Berikut Pembagian Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi DPRD DIY Dalam Pemilu 2019

Berikut Pembagian Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi DPRD DIY Dalam Pemilu 2019

Berikut Pembagian Daerah Pemilihan  dan Alokasi Kursi DPRD DIY Dalam Pemilu 2019
Dok KPU DIY
Pembagian dapil dan jumlah kursi pileg DIY 2019 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM - Sebanyak 55 kursi akan diperebutkan dalam pemilihan legislatif 2019 mendatang.

Pembagian jumlah kursi dan daerah pemilihan (dapil) Pileg DPRD DIY ini sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 7 tahun 2017.

Untuk pemilihan legislatif DPRD DIY, akan terbagi ddalam tujuh dapil yang terdiri dari kabupaten, gabungan kabupaten dan bagian dari kabupaten.

Rinciannya, dapil 1 yakni Kota Yogyakarta dengan alokasi kursi sebanyak 7 kursi.

Kota Yogyakarta ditetapkan hanya satu dapil menurut ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan mengatakan karena jumlah penduduknya tidak terlalu besar sehingga hanya menjadi satu dapil.

Dapil 2 Bantul yakni sebanyak 7 kursi yang terdiri dari Kecamatan Kretek, Pundong, Bambanglipuro, Jetis, Imogiri, Dlingo, Banguntapan, Pleret dan Piyungan.

Dapil 3 Bantul yakni sebanyak 6 kursi yang terdiri dari Kecamatan Srandakan, Sanden, Pandak, Pajangan, Bantul, Sewon, Kasihan dan Sedayu.

"Untuk Sleman atau Bantul di mana jumlah penduduknya besar dan wilayah besar, maka dipecah menjadi dua dapil," ujar Hamdan pada Rabu (19/12/2018).

Untuk Dapil 4 yakni Kulon Progo dengan alokasi kursi sebanyak 7 kursi.

Dapil 5 yakni Sleman dengan alokasi kursi sebanyak 9 kursi yang terdiri dari Kecamatan Gamping, Godean, Moyudan, Minggir, Seyegan, Mlati, Depok dan Berbah.

Dapil 6 yakni Sleman dengan alokasi kursi sebanyak 8 kursi yang terdiri dari Kecamatan Prambanan, Kalasan, Ngemplak, Ngaglik, Sleman, Tempel, Turi, Pakem dan Cangkringan.

Dapil 7 yakni Gunungkidul dengan alokasi kursi sebanyak 11 kursi.

"Itu alokasi kursi di setiap Dapil yang akan diperebutkan oleh caleg yang sudah ditempatkan di masing-masing Dapil," lanjutnya kepada Tribunjogja.com. (tribunjogja)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved