Kesehatan

Banyak Olahraga Justru Bikin Berat Badan Bertambah? Ini Penjelasannya

Setiap tubuh memiliki porsi yang berbeda dalam berolahraga yang bertujuan untuk menurunkan berat badan.

Banyak Olahraga Justru Bikin Berat Badan Bertambah? Ini Penjelasannya
pune365.com
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Olahraga kini menjadi satu dari beberapa cara untuk mendapatkan tubuh ideal.

Termasuk bagi orang yang ingin menurunkan berat badannya, olahraga menjadi kegiatan pendukung yang sangat penting.

Tapi, tak jarang ada juga yang mengeluh sulit menurunkan berat badan meski telah berolahraga secara keras.

Dikutip dari Nakita.id, menurut dr Michael Triangto, SpKO, hal itu bisa terjadi karena semakin berat olahraganya maka semakin tinggi nafsu makan yang tercetuskan.

"Otomatis berat badan sulit turun. Jadi ini akan mengganggu penurunan berat badan," jelasnya pada media briefing 'Ayo Indonesia Bergerak'.

Oleh karena itu, Michael menyarankan untuk melakukan olahraga dengan menerapkan prinsip BBTT (Baik, Benar, Terukur, dan Teratur).

"Baik yaitu aktivitas fisik disesuaikan dengan kondisi fisik dan lingkungan. Benar yaitu aktivitas fisik dilakukan secara bertahap mulai dari pemanasan, latihan inti, dan pendinginan," kata Michael.

Baca: Olahraga Sederhana Ini Bisa Dilakukan di Kantor

"Terukur yaitu aktivitas fisik dilakukan dengan mengukur intensitas dan waktu latihan. Serta teratur yaitu aktivitas fisik dilakukan teratur 3 hingga 5 kali dalam seminggu," lanjut Michael pada Jumat (7/12/2018).

Ketika kita melakukan olahraga berat dan membuat nafsu makan menjadi tinggi, maka memungkinkan akan adanya kegagalan dalam proses penurunan berat badan.

Namun, bukan berarti tidak ada hasil sama sekali, karena tetap metabolisme tubuh bisa meningkat dari sebelumnya.

Baca: 4 Tips Mengusir Rasa Malas untuk Berolahraga

"Cuma kita harus lebih bijak dalam mewaspadai fenomena ini. Kita cek dulu komposisi lemaknya. Kita bisa mengubah komposisi latihan antara aerobik dan non aerobik, itu menjadi lebih tepat untuk diri kita sendiri," ujar Michael saat ditemui di RPTRA Borobudur, Jakarta Pusat.

Michael mengingatkan bahwa setiap tubuh memiliki porsi yang berbeda dalam berolahraga yang bertujuan untuk menurunkan berat badan.

Jangan menyamakan diri kita dengan orang lain, karena kemungkinan hasilnya akan berbeda.

"Jangan melihat di majalah kalau untuk menurunkan berat badan pakai latihan ini atau itu, terus bisa turun sekian kilo. Cara itu bisa untuk dia, tapi belum tentu untuk saya. Jadi lebih bijak kalau kita harus berolahraga menyesuaikan dengan diri kita sendiri dan menerapkan prinsip BBTT," saran Michael.

Artikel ini pernah tayang di Nakita.id dengan judul Berat Badan Tak Kunjung Turun Meski Telah Olahraga? Inilah Penyebabnya

Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved