Kulon Progo

2019, Umroh Bisa Lewat Bandara NYIA Kulon Progo

Saat ini, proses pembangunan bandara secara keseluruhan mencapai 19 persen dengan bangunan terminal penumpang sekitar 40 persen.

2019, Umroh Bisa Lewat Bandara NYIA Kulon Progo
TRIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi meninjau proyek pembangunan New YOgyakarta INternational Airport (NYIA) di Temon, Kulon Progo, Jumat (14/12/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Temon dipastikan sudah bisa digunakan untuk penerbangan internasional pada 2019 mendatang terbuka juga pelayanan penerbangan untuk ibadah umroh.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya optimistis bandara baru Yogyakarta ini bisa beroperasi pada April 2019 mendatang.

Saat ini, proses pembangunan bandara secara keseluruhan mencapai 19 persen dengan bangunan terminal penumpang sekitar 40 persen.

Landasan pacu diyakininya bisa rampung 100 persen pada akhir Maret tahun depan dan penerbangan internasional akan dipindahkan sepenuhnya dari Bandara Adisucipto ke NYIA.

"Saya yakin ini akan jadi bandara yang besar dengan kapasitas ultimate 24 juta penumpang. April akan mampu menampung 2-3 juta penumpang. Ini jadi titik sentral. Angkor Wat bisa menjadi destinasi luar biasa namun Borobudur jauh lebih luar biasa," kata Budi Karya pada saat meninjau lokasi pembangunan NYIA bersama Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Jumat (14/12/2018).

Beberapa maskapai luar negeri seperti dari Korea, Jepang, dan Tiongkok disebutnya sangat tertarik dengan NYIA karena landasan pacunya sangat panjang hingga 3.250 meter.

Jumlah penumpang dari negara-negara itu cukup besar sehingga diharapkan bisa membawa lebih banyak turis ke Yogyakarta dengan pesawat berbadan besar.

Baca: Al Hidayah Segera Difungsikan untuk Ibadah Warga Terdampak NYIA

Bahkan, maskapai dari Arab seperti Emirates yang memakai jenis pesawat besar seperti Boeing 777 juga disebutnya pasti akan bisa mendarat di NYIA.

Hal ini akan membuka jalur penerbangan untuk umrah dari Yogyakarta.

"Kalau di Adi Sumarmo kan tidak bisa. Sedangkan di sin runway panjang sehingga bisa mendarat. Mereka pasti minat ke sini. Bandara ini terletak di antara Yogyakarta dan Jawa Tengah, pasti potensi umrohnya akan lebih besar. AP I akan mengupayakan ada umroh dari sini saat April," kata Budi.

Halaman
12
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved