Bisnis

BAV Target Salurkan Dana Program Kemitraan hingga Rp 100 Miliar Sepanjang 2019

PT BAV memperluas jaringan ke BUMN demi meningkatkan akses pembiayaan pada UMKM.

BAV Target Salurkan Dana Program Kemitraan hingga Rp 100 Miliar Sepanjang 2019
TRIBUNJOGJA.COM / Yosef Leon
Direktur Utama BAV, Muhamad Siddik Heruwibowo (kanan) didampingi oleh sejumlah mitra BUMN berdialog dengan salah satu peserta workshop UMKM, Rabu (12/12/2018) di Hotel Grand Keisha. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - PT Bahana Artha Ventura (BAV) berupaya memperluas jaringan kepada sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) demi meningkatkan akses pembiayaan kepada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Saat ini, BAV telah kerja sama dengan beberapa BUMN diantaranya PT Angkasa Pura II, Perusahaan Pengelola Aset, Airnav Indonesia, Peruri, Indonesia Natour, Perum Perumnas, Waskita Karya, dan Pelindo 2.

Kemudian turut pula Indonesia Rei serta ASDP Indonesia Ferry, Jamsostek, LPEI, dan Sarana MultiGriya Finansial untuk menyalurkan dana program kemitraan melalui sekitar 27 Perusahaan Modal Ventura Daerah (PMVD) yang tersebar di seluruh Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua.

Direktur Utama BAV, Muhamad Siddik Heruwibowo menyatakan, pada era industri 4.0 yang berkembang dengan cepat dan menyentuh semua sektor, UMKM perlu lebih ditingkatkan jangkauan pasarnya dengan menyasar ke sistem digital.

Selain itu, kata dia, dalam memasuki era digitalisasi, perlu pula diberikan workshop atau pelatihan mengenai akses internet dan cara pemasaran produk melalui online shopping atau sosial media lainnya.

Di samping itu, lanjut dia, dukungan pembiayaan kepada para pelaku UMKM juga merupakan modal lain untuk bisa menaikkan kelas mereka.

Baca: Eko Suwanto Dorong Pemanfaatan Teknologi Informasi Bagi Pengembangan UMKM

"Dalam 10 tahun terakhir, rata-rata dana program kemitraan yang kami salurkan kepada sejumlah UKM mengalami kenaikan sekitar 44%. Pada akhir tahun ini saja, diperkirakan penyaluran dana program kemitraan akan mencapai Rp 60 miliar," kata dia pada Tribunjogja.com di sela kegiatan workshop UMKM binaan BAV yang digelar di Hotel Grand Keisha, Rabu (12/12/2018).

Untuk Program Kemitraan di tahun depan, BAV menargetkan akan mampu menyalurkan hingga sebesar Rp100 miliar kepada pelaku UMKM.

‘’Ada banyak UKM yang berpotensi di daerah, namun mereka belum bankable. Inilah komitmen kami dalam membantu pemerintah dalam mendorong UKM untuk lebih memiliki daya saing," tambah dia. (*)

Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved