Pendidikan

AKS 'AKK' Yogya Luncurkan Program Pendidikan Profesi Chef ACA

Selain diperuntukkan bagi kalangan umum, pendidikan profesi chef tersebut juga bisa ditempuh oleh mahasiswa AKS 'AKK' melalui jalur peminatan

AKS 'AKK' Yogya Luncurkan Program Pendidikan Profesi Chef ACA
TRIBUNJOGJA.COM / Josef Leon Pinsker
Direktur AKS'AKK' Yogyakarta, Dra. Prihatin Saraswati, M.A (tiga kanan) bersama Chef Henry Alexie Bloem, Presiden Indonesian Culinary Association (ICA) saat peluncuran program pendidikan profesi chef AKK Culinary Art (ACA), Rabu (12/12/2018) di kampus setempat, Jl. Nitikan Baru No.69, Sorosutan, Umbulharjo. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Predikat sebagai kota wisata yang disandang oleh Yogyakarta, tentu mesti didukung oleh beberapa faktor penunjang lain agar ekosistem pariwisata dapat berjalan secara berkesinambungan.

Selain di dukung oleh berbagai fasilitas, baik infrastruktur, hunian, dan lain sebagainya, ketersediaan chef atau juru masak yang handal tentu akan semakin meneguhkan kelengkapan dunia pariwisata Yogya dari segi kuliner.

Dilatarbelakangi hal itu, Akademi Kesejahteraan Sosial (AKS) 'AKK' Yogyakarta berusaha untuk memfasilitasi ketersediaan SDM di bidang kuliner yang mumpuni dengan melaunching pendidikan profesi chef AKK Culinary Art (ACA), Rabu (12/12/2018) di kampus setempat, Jl. Nitikan Baru No.69, Sorosutan, Umbulharjo.

Baca: Roadshow Makarena di Jogjakarta, Chef Bara Ajak Masak Chef Internasional

Direktur AKS 'AKK' Dra. Prihatin Saraswati, MA menyatakan, pendidikan tersebut nantinya akan dilaksanakan intensif selama satu tahun dengan enam bulan teori praktek di dalam kelas, dan sisanya akan dihabiskan untuk on the job training (OJT) di dunia industri perhotelan.

"Kita juga sudah menjalin kemitraan dengan beberapa hotel berbintang di Yogya untuk penyelenggaraan OJT nya," kata dia.

Untuk ketersedian tenaga pengajar, dia menyatakan, nantinya akan memanfaatkan dari Prodi Tata Boga AKS 'AKK' dan akan dibantu pula dari para praktisi lewat dukungan dari Indonesian Chef Association (ICA).

Beberapa diantara materi yang diajarkan meliputi cake decoration, bartender, barista, perencanaan jasa boga, oriental, continuental, manajemen usaha catering, dan lainnya.

Baca: Gelar Demo Masak, Chef Juna Tunjukkan Cara Memasak yang Benar

"Untuk kelas awal kita targetkan akan menampung sebanyak 30-40 peserta dulu, menyesuaikan dengan jumlah alat yang tersedia di laboratorium kita," tambahnya.

Selain diperuntukkan bagi kalangan umum, pendidikan profesi chef tersebut juga bisa ditempuh oleh mahasiswa AKS 'AKK' melalui jalur peminatan setelah memasuki semester kelima.

"Yang kami targetkan memang dari kalangan umum, misalnya helper di hotel yang belum mendapatkan status chef. Tapi bagi mahasiswa yang berminat bisa mengambil peminatan chef, sehingga bagi mahasiswa D3 akan mendapatkan sertifikat," jelasnya.

Awal proses pembelajaran program tersebut, nantinya akan mulai berlangsung pada awal Februari 2019 mendatang. (TRIBUNJOGJA.COM)

Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved