Gunungkidul

Daftar Pemilih di Gunungkidul Bertambah Ribuan

Setelah dilakukan perbaikan DPTHP-2 pada bulan November lalu terjadi peningkatan daftar pemilih di Gunungkidul sebanyak 1.801.

Daftar Pemilih di Gunungkidul Bertambah Ribuan
Tribun Jogja/ Suluh Pamungkas
Ilustrasi Pemilu 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Setelah dilakukan perbaikan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2), untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Gunungkidul terjadi penambahan daftar pemilih sebanyak ribuan orang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani mengatakan setelah dilakukan perbaikan pada bulan November lalu terjadi peningkatan sebanyak 1.801.

“DPTHP 2 yang ditetapkan November lalu sebanyak 604.093, setelah tindak lanjut instruksi KPU RI untuk memperpanjang masa perbaikan atau pencermatan 30 hari itu, saat ini menjadi 605.894,” Kata Hani, Selasa (11/12/2018).

Pihaknya akan selalu memperbaiki data pemilih termasuk yang belum melakukan perekaman E-KTP, seperti pada pemilih pemula, kemudian warga lanjut usia (lansia), dan warga penyandang disabilitas.

“Target untuk perekaman E-KTP akhir tahun ini kan selesai semua. Termasuk pemula, lansia, difabel. Kendala kan kadang yang lupa ingatan sulit direkam, yang merantau untuk pulang rekam juga ribet,” ujarnya.

Ia berharap Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Gunungkidul dapat segera menyelesaikan perekaman E-KTP.

Baca: Tak Layak Pakai, Disdukcapil Sleman Lakukan Pengamanan Blangko E-KTP Rusak

"Peran aktif masyarakat juga sangat perlu dibutuhkan untuk melakukan perekaman data E-KTP," imbuhnya.

Terpisah, Komisioner bidang pengawasan, hubungan masyarakat dan hubungan antar lembaga Bawaslu Gunungkidul, Rosita mengungkapkan KPU Gunungkidul telah menindaklanjuti apa yang menjadi rekomendasi dari Bawaslu Gunungkidul.

“KPU Gunungkidul telah menindaklanjuti rekomendasi perbaikan data dari kami, seperti adanya data ganda,” ujarnya.

Ia mengatakan masih akan terus mengawasi daftar pemilih, masih ada data yang bermasalah atau tidak.

Baca: Prosedur Mengurus e-KTP yang Hilang

"Utamanya fokus memantau pemilih yang belum rekam E-KTP," ucapnya.

Rosita berharap daftar pemilih Pemilu 2019 di Gunungkidul benar-benar bisa diakomodir oleh KPU Gunungkidul dan masyarakat juga aktif nantinya menggunakan hak pilihnya.

Menurutnya untuk menyukseskan Pemilu 2019 ini perlu peran serta seluruh masyarakat.

“Harapan kami masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam memperjuangkan hak pilih termasuk tertib adminsistrasi kependudukan mempunyaki E-KTP dan Kartu Keluarga. Kerjasama semua elemen, terutama dalam mengawal hak pilih. Koordinasi maksimal antara KPU dan Disdukcapil,” ucapnya. (*)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved