Ridwan Kamil: Investor Tiongkok akan Bangun Taman Rekreasi Senilai Rp3 Triliun

Ridwan Kamil mengatakan, sejumlah investor asal Tiongkok berminat untuk membangun taman rekreasi (Theme Park) di kawasan Jababeka, Bekasi.

Ridwan Kamil: Investor Tiongkok akan Bangun Taman Rekreasi Senilai Rp3 Triliun
Dok. Humas Pemprov Jabar
Ridwan Kamil menerima kunjungan kehormatan dari Duta Besar Tiongkok untuk RI, Xiao Qian di Gedung Sate 

TRIBUNJOGJA.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, sejumlah investor asal Tiongkok berminat untuk membangun taman rekreasi (Theme Park) di kawasan Jababeka, Bekasi.

Hal itu terungkap saat Ridwan mendapat kunjungan kehormatan dari Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, Xiao Qian di Gedung Sate, pekan lalu.

"Intinya ada rencana investasi Rp 3 triliun untuk tiga kawasan wisata di Jababeka di Cikarang. Jadi seperti Disney Land, investasinya dari Tiongkok. Saya kira itu positif karena sejalan dengan semangat Provinsi Jabar sebagai daerah pariwisata," ujar Emil, sapaan akrabnya, Senin (10/12/2018).

Baca: 2 Juta Benih Kopi Bersertifikat Dibagikan kepada Petani Jabar

Emil mengatakan, taman rekreasi itu akan dibangun memanfaatkan lahan kosong seluas 1.000 hektar di Jababeka. Terkait rencana itu, pengelola Jababeka pun telah bertemu dengan Emil pekan lalu.

"Konsepnya gak tahu, baru niat bisnisnya, belum ke teknis. Kalau saya intinya welcome karena sejalan dengan visi provinsi pariwisata. Pariwisata kan ada pariwisata alami, ada pariwisata buatan, Ancol kan buatan, Disney Land buatan," tuturnya.

"Tanahnya milik Jababeka, barangnya milik sana. Mereka baru menghadap 'boleh gak Pak Gubernur', ya boleh," tambah Emil.

Lahan 30 Hektare di Jababeka

Sementara itu, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Jabar Eddy M Nasution mengatakan, PT Jababeka sudah menyiapkan lahan kurang lebih 30 hektare untuk pembangunan taman rekreasi tersebut.

"Itu 30 hektare dari kawasan lapangan golf mereka mau dibuat theme park, itu disampaikan direkturnya Pak Darmono (SD Darmono, Chairman PT Jababeka Group),” ujar Eddy.

Ia menambahkan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil sendiri memberi arahan terkait peruntukan kawasan untuk wisata sekaligus mendorong Cikarang menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK) meski sudah pernah diusulkan beberapa tahun lalu.

"Mereka (PT Jababeka) tidak minta izin, hanya ngasih tahu, dia mengajak (Pemprov) mengelola wisata," jelasnya. (Dendi Ramdhani)

.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ridwan Kamil: Investor Tiongkok Berminat Bangun Taman Rekreasi di Jababeka"

Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved