Yogyakarta

Eko Suwanto : Linmas Memiliki Peran Besar Salam Mewujudkan Pemilu Damai

DPRD DIY turut memberikan edukasi bagi pemilih, edukasi bagi penyelenggara maupun edukasi bagi peserta pemilu.

Eko Suwanto : Linmas Memiliki Peran Besar Salam Mewujudkan Pemilu Damai
istimewa
Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Guna mewujudkan Pemilu yang damai, DPRD DIY bersama-sama memiliki komitmen untuk mewujudkan pemilu yang baik, pemilu bermartabat dan berbudaya.

Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto mengatakan, satu di antara indikator pemilu yang bermartabat dan berbudaya yakni pemilu yang terselenggara secara aman, tentram tertib dan masyarakat terlindungi,

Untuk itu, pihaknya turut memberikan edukasi bagi pemilih, edukasi bagi penyelenggara maupun edukasi bagi peserta pemilu.

Baca: Pemprov dan DPRD Jateng Dapat Penghargaan KPK karena Disiplin Lapor LHKPN

"Ada beberapa program yang kita kerjakan di tahun perubahan anggaran 2018 ini, diantaranya sosialisasi kepemiluan yang bekerjasama dengan Badan Kesbangpol Pemda DIY," kata Eko dalam acara yang disiarkan langsung oleh Tribun Jogja.

Selain itu, secara khusus juga mengalokasikan anggaran sebesar Rp 543 juta untuk memberikan bimbingan teknis bagi 4500 Satuan Perlindungan Masyarakat (satlinmas) di DIY.

Sesuai dengan UU Nomor 7 tahun 2017, Linmas memiliki tanggung jawab yaitu membantu mewujudkan keamanan, ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat dengan bersinergi bersama TNI dan Polri.

"Melalui program bimbingan teknis, kita harapkan linmas bisa memahami aturan pemilu seperti apa, tugas-tugas keseharian di TPS seperti apa kita datangkan narasumber dari KPU, Bawaslu, Pemda," lanjutnya.

Menurut Eko, bimbingan teknis ini penting bagi Linmas.

Untuk itu, Eko berharap, Pemerintah Kabupaten maupun Kota dapat memberikan kontribusinya dengan melakukan bimbingan teknis bagi Linmas.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved