Agenda Jogja Hari Ini

Kemenag Kota Yogya Bakal Gelar Grebek Silaturahmi

Acara puncak Hari Amal Bakti Kemenag RI ke-73. akan dilaksanakan pada 3 Januari 2018 yang bertempat di Halaman Balaikota Yogyakarta.

Kemenag Kota Yogya Bakal Gelar Grebek Silaturahmi
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Kepala Kantor Kemenag Kota Yogyakarta, Nur Abadi saat menyampaikan keterangan pers, Jumat (7/12/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kementerian Agama Kota Yogyakarta akan menyelenggarakan beberapa kegiatan untuk memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag RI ke-73.

Kepala Kantor Kemenag Kota Yogyakarta, Nur Abadi menjelaskan bahwa acara puncak HAB akan dilaksanakan pada 3 Januari 2018 yang bertempat di Halaman Balaikota Yogyakarta.

Baca: Tak Ada Lagi Buku Nikah, Kementrian Agama Resmi Menggantinya dengan Kartu Nikah Mirip Kartu ATM

"Acara puncaknya akan diperingati dengan upacara di Balaikota yang melibatkan 1.500 peserta, baik dari Kemenag maupun Madrasah. Setelah upacara, dilanjutkan dengan tasyakuran di kantor," bebernya dalam Jumpa Pers di Dinas Komunikasi dan Persandian Kota Yogyakarta, Jumat (7/12/2018).

Ia menjelaskan, sebelum acara puncak terdapat berbagai rangkaian kegiatan.

Satu di antaranya adalah Gerak Jalan Kerukunan Grebek Silaturahmi antar-Umat Beragama dan Festival Kerukunan Umat Beragama.

Kegiatan tersebut melibatkan 250 peserta yang terdiri dari ASN Kemenag Kota Yogyakarta, KUA, pengawas, madrasah, penyulih agama, Ormas, perwakilan tokoh agama yang melibatkan 6 unsur agama yakni Islam, Hindu, Budha, Kristen, Katolik, dan Konghucu.

Kasubag TU Kemenag Kota Yogyakarta, Mukotib menjelaskan bahwa kegiatan grebek silaturahmi tersebut sebagai simbol bahwa Jogja City of Tolerance masih ada.

Baca: Agama di Tahun Politik, Menteri Lukman : Jangan Cuma Satu Sisi

"Pentingnya Jogja City of Tolerance harus didengungkan. Apalagi menjelang Pemilu. Kami ikut berupaya menciptakan kondusivitas sehingga pada grebek ini, kita silaturahim di beberapa tempat ibadah," bebernya.

Adapun tempat ibadah yang akan dikunjungi yakni Pure Padma BuanaSaraswari di Jalan Mawar Baciro, Gereja Pantekosta Jalan Hayam Wuruk, Vihara Budha Prabha Gondomanan, Gereja St Yusuf Bintaran, dan Masjid Pakualaman.(*)

Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved