Yogyakarta

Kapolri Kukuhkan Polda DIY Jadi Tipe A

Peningkatan tersebut didasarkan pertimbangan yang dilakukan oleh Asrena Polri bersama dengan Kementerian PAN-RB.

Kapolri Kukuhkan Polda DIY Jadi Tipe A
TRIBUNJOGJA.COM / Siti Umaiyah
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian bersama dengan Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri dan Buya Syafii Maarif saat mengetuk Kentungan tanda pengukuhan Polda DIY menjadi tipe A, Jumat (7/12/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM - Secara resmi, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengukuhkan Polda DI Yogyakarta dari sebelumnya tipe B menjadi tipe A pada Jumat (7/12/2018).

Peningkatan tersebut didasarkan pertimbangan yang dilakukan oleh Asrena Polri bersama dengan Kementerian PAN-RB.

Jenderal Pol Tito Karnavian menerangkan jika pertimbangan tersebut antara lain seperti halnya dinamika yang tinggi, pembangunan yang berkembang pesat di DIY serta jumlah penduduk dalam beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan.

Baca: Polda DIY: Radikalisme Ada di Daerah dengan Toleransi Rendah

"Tentunya akan ada meningkatkan mobilitas masyarakat, keluar masuk logistik, dan yang lainnya. Yogyakarta juga dikenal sebagai pusat wisata, budaya, pendidikan, dan DIY sekarang tidak lepas dari pandangan dunia. DIY sudah banyak berubah, bukan hanya metropolitan tapi megapolitan yang sudah terdiri dari suku, ras," terangnya.

Dia menerangkan jika peningkatan ini bukan hanya naiknya Kapolda menjadi bintang dua, dari sebelumnya bintang satu.

Namun juga akan diikuti dengan penguatan, baik personil, logistik, sarana prasarana, organisasi dan yang lainnya.

"Sehingga benar-benar menggambarkan Polda tipe A. Nanti kita juga akan perkuat kerjasama Polda dan Mabes Polri. Kinerja akan ditingkatkan, makanya butuh kerja keras. Kalau tidak bisa terpenuhi tipe A, maka kita bisa turunkan. Apalagi kalau sampai tokoh masyarakat komplain," terangnya.

Kapolri juga mengatakan jika Polda bukan hanya milik DIY semata, namun juga aset bangsa yang harus dijaga bersama

Buya Syafii Maarif yang hadir dalam pengukuhan tersebut berharap peningkatan tersebut segala mimpi yang diletakkan kepada Polri bisa terwujud.

Selain itu, Polri juga diharap bisa melayani dan melindungi masyarakat.

Baca: Panggil 13 Orang, Polda DIY Masih Lakukan Penyelidikan Kasus Pelecehan Seksual Mahasiswa UGM

"Saat ini kendaraan bertambah terus, sehingga polisi menjadi repot. Saya ucapkan selamat kepada peningkatan Polda menjadi tipe A. Semoga bisa terus melayani dan melindungi masyarakat," katanya pada Tribunjogja.com.

Sementara itu, Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri menerangkan jika pihaknya akan lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, kinerja di segala bidang juga akan ditingkatkan.

"Memang jauh hari sudah kita persiapkan. Intinya bagaimana pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih bagus dan kinerja kita juga akan kita tingkatkan. Saya kira masalah lalu lintas, Kamtibmas, konflik sosial itu yang perlu kita antisipasi bersama," terangnya. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved