Hati-hati! Jika Tertelan Anak, Baterai Kancing Bisa Membunuh dalam Hitungan Jam

Para orangtua harus ekstra waspada dalam menyimpan baterai kancing yang ukurannya kecil. Jika tertelan bisa menyebabkan kematian

Hati-hati! Jika Tertelan Anak, Baterai Kancing Bisa Membunuh dalam Hitungan Jam
PA via Mail Online
Baterai Kancing 

TRIBUNJOGJA.com - Jika Anda memiliki anak kecil, maka sebaiknya harus memberikan pengawasan ekstra. Jika sedikit saja lengah, maka bisa fatal akibatnya. Dan tahukah Anda bahwa barang-barang berukuran kecil yang bisa dengan mudah ditemukan anak, ternyata sangat membahayakan hingga bisa menyebabkan kematian.

Salah satunya adalah baterai jam atau baterai kancing yang memang berukuran kecil.

Baterai ini bisa dengan mudah ditemukan dalam berbagai mainan elektronik anak Anda.

Bangunan Mirip Rumah Patrick SpongeBob di Wonogiri, Dibangun 16 Tahun Silam, Kini Viral

Para ahli memperingatkan, baterai ini bisa memicu efek terbakar kimia jika bersentuhan dengan mulut maupun hidung.

The Healthcare Safety Investigation Branch (HSIB) mengeluarkan peringatan bagi orangtua untuk lebih sadar akan potensi ancaman bahaya tersebut. Seingga sebaiknya taruh baterai seperti ini di tempat yang tidak bisa dijangkau oleh anak-anak, atau segera buang jika sudah tak terpakai.

Abu Jenazah Stephen Hillenburg Kreator Spongebob SquarePants Ditabur ke Laut

"Baterai ini menimbulkan risiko yang sangat nyata bagi anak-anak kecil dan bayi," kata direktur medis HSIB, Dr Kevin Stewart sebagaimana dilansir Mail Online, Jumat (7/12/2018).

'Konsekuensi menelan baterai kancing bisa benar-benar mematikan,' tambahnya.

Penelitian yang lebih mendalam mengenai efek kematian ini memang masih terus dilakukan, namun para peneliti merasa sudah cukup tepat memberikan peringatan tersebut.

Akhir Pilu Ayah di Yaman, Jalan Kaki 3 Jam Bawa Bayinya yang Kelaparan ke Rumah Sakit

Terlebih berdasarkan hipotesa awal, jika baterai ini sampai tertelan atau bersentuhan dengan permukaan daging yang basah semisal di dalam mulut atau tenggorokan, maka akan muncul reaksi kimia ketika baterai tersebut melepaskan muatannya. Reaksi ini dapat memicu luka bakar parah pada jaringan hidup.

Jika baterai tertelan atau dimasukkan ke dalam tubuh, ini dapat menyebabkan luka bakar internal dalam beberapa jam, kemudian memicu kesulitan menelan dan bernafas hingga akhirnya kematian. Luka fatal juga bisa terjadi, bahkan jika baterai itu sudah habis. Demikian peringatan dari Dr Rachel Rowlands, dari Leicester Royal Infirmary.

Selain efek terbakar, baterai yang lebarnya dua atau lebih sentimeter bisa lebih berbahaya karena mereka cukup besar untuk tersangkut di tenggorokan anak.

ilustrasi
ilustrasi (IST)

"Sangat penting bahwa semua orang tahu baterai ini dapat ditemukan di mana-mana, dari mainan hingga gadget seperti remote control, timbangan digital dan mainan mobil," kata Dr Stewart dari HSIB.

'Cara terbaik untuk melindungi anak-anak adalah menempatkan semuanya dengan aman di luar jangkauan dan memeriksa ulang apakah semua mainan memiliki sekrup untuk mengamankan baterai atau tidak,' tambahnya. (*)

Penulis: mon
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved