Jawa

49 Kepala Desa Baru di Kabupaten Magelang Dilantik

Pemilihan Kepala Desa Tahun 2018 ini merupakan yang kedua kali dilaksanakan di Kabupaten Magelang, pasca berlakunya UU Nomor 6 Tahun 2016.

49 Kepala Desa Baru di Kabupaten Magelang Dilantik
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Bupati Magelang, Zaenal Arifin melantik sebanyak 49 kepala desa terpilih pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tahun 2018 di Kabupaten Magelang, di Pendopo Drh Soepardi, Komplek Pemkab Magelang, Kota Mungkid, Jumat (7/12/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Bupati Magelang, Zaenal Arifin melantik sebanyak 49 kepala desa terpilih pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tahun 2018 di Kabupaten Magelang, Jumat (7/12/2018).

Kepala desa yang baru dilantik ini diharapkan mampu menjalankan pemerintahan desa dengan baik, serta mengabdi dan melayani masyarakat.

"Kepada seluruh Kepala Desa yang baru saja dilantik diharapkan dapat melayani masyarakat dan negara dengan tulus dan ikhlas, karena ini adalah sebagai sebuah ibadah. Mereka mampu memegang dan menjalankan kepercayaan tersebut dengan sebaik-baiknya," tutur Zaenal, usai mengambil sumpah 49 Kepala Desa, di Pendopo Drh Soepardi, Komplek Pemkab Magelang, Kota Mungkid, Jumat (7/12/2018).

Baca: Kota Magelang Dipastikan Kembali Raih Penghargaan IGA Award

Zaenal juga meminta kepada para Kepala Desa yang baru saja dilantik untuk segera mempelajari berbagai ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai Desa, terlebih saat diterbitkannya regulasi baru.

Seperti di Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, terdapat banyak perbedaan mendasar dalam pengaturan mengenai penyelenggaraan pemerintahan desa.

Hal yang paling pokok dan krusial dalam implementasi Undang-Undang Desa tersebut adalah mengenai pengelolaan keuangan desa.

"Semakin banyak dana yang dikelola oleh Pemerintah Desa, maka beban pertanggungjawabannya oleh Kepala Desa juga semakin berat. Maka saya tegaskan kepada para Kepala Desa agar berhati-hati dalam mengelola keuangan desa," ujarnya.

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, sebanyak 49 kepala desa dilantik sesuai dengan Keputusan Bupati Magelang Nomor 180.182/471/KEP/13/2018.

Mereka adalah kepala desa terpilih pada ajang Pemilihan Kepala Desa yang dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober 2018 yang lalu di 50 desa dan 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Magelang.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved