Sains

Spesies Dinosaurus yang Baru Terungkap Ini Sebesar Anjing

Ahli yang terlibat dalam penelitian ini mengklaim W. pobeni adalah dinosaurus pemakan tumbuhan berkaki dua seukuran anjing kelpie

Spesies Dinosaurus yang Baru Terungkap Ini Sebesar Anjing
via Kompas.com
Ilustrasi penampakan Weewarrasauras pobeni, spesies dinosaurus baru dari zaman prasejarah yang ukurannya sebesar anjing kelpie. 

TRIBUNJOGJA.COM - Dalam hampir satu abad terakhir, Weewarrasauras pobeni adalah dinosaurus pertama yang dinamai di New South Wales (NSW), Australia.

Penamaan spesies baru ini menyusul adanya temuan fragmen tulang rahang dalam ember berisi puing opal di dekat wilayah Lightning Ridge.

Ahli yang terlibat dalam penelitian ini mengklaim W. pobeni adalah dinosaurus pemakan tumbuhan berkaki dua seukuran anjing kelpie yang pertama menjelajahi dataran banjir kuno di utara negara bagian itu, 100 juta tahun lalu.

Nama itu diberikan untuk mengenang tambang opal Wee Warra, tempat fosil ditemukan, dan pembeli opal yakni Mike Poben.

Poben disebut melihat sesuatu yang istimewa pada opalnya, sehingga segara disumbangkan ke badan terkait untuk diteliti. "Saya langsung tertarik," kata Poben.

Baca: Belasan Telur Dinosaurus Berusia 80 Juta Tahun Ditemukan di China

"Saat saya melihatnya, saya langsung berpikir kalau itu gigi atau bagian dari tulang rahang yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Saya yakin ini sesuatu yang langka dan istimewa," sambung dia antusias.

Poben menemukan fosil itu lima tahun lalu dan membaginya dengan paleontolog Dr Phil Bell dari Universitas New England di Armidale, NSW.

"Saya ingat Mike (Poben) menunjukkan saya spesimen itu, dan saya terkejut," kata Dr Bell.

"Saya harus berusaha keras menahan kegembiraan saya, (opal) itu sangat indah."

Baca: Tak Banyak Diketahui, Burung Terbesar di Dunia Ini Beratnya Seperti Seekor Dinosaurus

Dr Bell dan timnya menghabiskan dua tahun terakhir untuk menyelidiki dan mengidentifikasi rahang berusia 100 juta tahun itu.

Halaman
12
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved