Kota Yogya

Bersihkan Material Longsoran di Prawirodirjan, BPBD Kota Yogya Operasionalkan Satu Alat Berat

Bersihkan Material Longsoran di Prawirodirjan, BPBD Kota Yogya Operasionalkan Satu Alat Berat

Bersihkan Material Longsoran di Prawirodirjan, BPBD Kota Yogya Operasionalkan Satu Alat Berat
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Sejumlah warga bersama pihak Kampung Tangguh Bencana (KTB) Prawirodirjan, Relawan Code, dan perwakilan Pemerintah Kota Yogyakarta sedang bekerja bakti membersihkan puing-puing bangunan terdampak longsor di bantaran Sungai Code, Kamis (6/12/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM - Sejumlah warga bersama Relawan Code, perwakilan Kampung Tangguh Bencana (KTB) Prawirodirjan, beserta unsur Pemerintah Kota Yogyakarta melakukan kerja bakti di lokasi terdampak longsor talud Sungai Code di RT 59 RW 18 Prawirodirjan Gondomanan, Kamis (6/12/2018).

Untuk mempercepat proses pembersihan material longsoran, Pemkot Yogya menurunkan satu unit alat berat ke lokasi.

Ketua KTB Prawirodirjan, Agus Supriyanto menjelaskan, selain untuk memberikan jalan masuk bagi alat berat, tujuan merobohkan bangunan tersebut adalah untuk mengantisipasi arus deras datang lagi dan menghantam dinding talud yang rusak.

Baca: Warga, Relawan dan BPBD Bersihkan Puing-Puing Bangunan Talut Sungai Code

"Karena di bawah bangunan yang dirobohkan ini sudah gerowong (keropos). Nanti akan membawa (bangunan) yang lainnya," ucapnya.

Selain untuk membersihkan puing-puing bangunan yang ada di bawah talud yang longsor, keberadaan alat berat tersebut juga digunakan untuk normalisasi atau meluruskan arus sungai yang saat ini dominan mengarah ke sisi kanan atau tepat berada talud yang di atasnya digunakan sebagai permukiman dan aktivitas warga.

"Bagian tengah sungai dikeruk, untuk jalannya air. Kalau ada kegiatan pencangkulan atau pembronjongan nanti tidak akan ada aliran air sederas ini yang menghambat warga," bebernya. (tribunjogja)

Penulis: kur
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved