Travel

Watu Goyang, Wisata Alam Berbalut Legenda Rakyat di Bantul

Watu Goyang ini tidak bisa dilepaskan dari cerita dimana Sultan Agung mendapatkan petunjuk (wisik) ketika tengah mencari tanah wangi (Siti Arum).

Watu Goyang, Wisata Alam Berbalut Legenda Rakyat di Bantul
TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
Wisatawan menikmati panorama alam di objek wisata Watu Goyang di Padukuhan Cempluk Desa Mangunan, Dlingo, Bantul. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ahmad Syarifudin

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL- Kabut menempel cukup pekat di antara rimbun pepohonan, pagi itu, ketika puluhan wisatawan mulai datang memadati area Bukit Semar di Padukuhan Cempluk, Desa Mangunan, Kabupaten Bantul.

Udara terasa dingin menempel kulit. Wajar saja, karena Padukuhan Cempluk ini berada di atas area perbukitan bernama Semar, satu di antara nama tokoh punakawan dalam perwayangan Jawa.

Baca: 1,4 Miliar Turis Lakukan Perjalanan, Ini Kota Utama Dunia Pilihan Wisatawan

"Konon, sebelum rimbun tertutup banyak pepohonan, Bukit ini ketika dilihat dari bawah, menyerupai sosok Semar," kata Paryanto, wakil ketua pengelola tempat wisata Watu Goyang pada Tribunjogja.com.

Bisa jadi, karena alasan itu kemudian Bukit di Desa Mangunan tersebut diberi nama Semar.

Dilihat secara sekilas bukit ini sebenarnya sama seperti bukit pada umumnya, rimbun dipenuhi oleh pepohonan.

Namun menariknya, di atas bukit setinggi sekitar 40 meter ini terdapat sebuah batu, yang oleh masyarakat disebut Watu Goyang.

Dari cerita rakyat yang beredar, kata Paryanto, Watu Goyang ini tidak bisa dilepaskan dari cerita dimana Sultan Agung mendapatkan petunjuk (wisik) ketika tengah mencari tanah wangi (Siti Arum).

Pencarian Siti Arum, konon, dilakukan oleh Sultan Agung atas petunjuk dari sang guru sebagai tempat peristirahatan terakhir dirinya dan keluarga trah Kerajaan Mataram.

Dalam pengembaraan mencari Siti Arum itu, bersama dengan pekatiknya (pengurus kuda), Sultan Agung istirahat di Watu Goyang dan melihat burung merak sebagai pertanda atau petunjuk.

Baca: Wisata Watu Goyang Bantul Akan Dipercantik dengan Taman Bunga

Halaman
123
Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved