Kota Yogya

Dinas Perhubungan Kota Yogya Gelar Seleksi Andong Wisata Malioboro, 213 Andong Lolos Kelaikan

Dinas Perhubungan Kota Yogya Gelar Seleksi Andong Wisata Malioboro, 213 Andong Lolos Kelaikan

Dinas Perhubungan Kota Yogya Gelar Seleksi Andong Wisata Malioboro,  213 Andong Lolos Kelaikan
TRIBUNJOGJA.COM / Amalia Fathonaty
Ratusan andong mengikuti seleksi andong wisata Malioboro dan penyerahan surat izin operasional kendaraan tidak bermotor (SIO KTB) di komplek Stadion Sultan Agung, Bantul Rabu (5/12/2018) siang. 

TRIBUNJOGJA.COM - Ratusan andong mengikuti seleksi andong wisata Malioboro di komplek Stadion Sultan Agung, Bantul, Rabu (5/12/2018) siang.

Selain seleksi, kendaraan tradisional khas Yogyakarta ini juga menerima surat izin operasional kendaraan tidak bermotor (SIO KTB) dari Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta.

Digelar sejak tanggal 3 Desember, tercatat ada 213 andong yang telah lolos seleksi dari 540 andong dari seluruh anggota Paguyuban Kusir Andong DIY.

Tak semuanya lolos, ada 90an andong yang masih belum memenuhi kelaikan untuk mendapat SIO KTB.

Syarat untuk lolos seleksi dan mendapat SIO KTB yakni dilihat dari kelengkapan andong mulai dari lampu, rem, hingga bel andong.

Baca: Peringati 47 Tahun Eksistensi di Dunia Seni, Teater Alam Gelar Pentas Bertajuk Montserrat

"Yang belum lolos ini nanti diperbaiki kelengkapannya. Seperti warna cat, tempat kotoran, pakaian belum bersih, lampu, bel itu belum lengkap," kata Wakil Ketua Paguyuban Kusir Andong DIY Agus Supriyadi alias Pipit di sela kegiatan.

Kata Pipit, jika andong belum memenuhi persyaratan yang ditentukan, pengurus paguyuban belum akan memberikan stiker andong wisata. "Kalau belum ada stiker, belum bisa masuk Malioboro," terangnya.

Para pemilik andong yang belum memenuhi kelaikan ini dipersilakan melengkapi persyaratan dalam waktu tiga bulan. Memang, secara rutin pihak paguyuban melakukan pemeriksaan kelengkapan andong-andong ini. (tribunjogja)

Penulis: amg
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved