Yogyakarta

Arahkan Ultra Mikro Kredit ke Desa, Sultan Ingin Dorong Kemandirian dan Tingkatkan Perekonomian Desa

Arahkan Ultra Mikro Kredit ke Desa, Sultan Ingin Dorong Kemandirian dan Tingkatkan Perekonomian Desa

Arahkan Ultra Mikro Kredit ke Desa, Sultan Ingin Dorong Kemandirian dan Tingkatkan Perekonomian Desa
Tribun Jogja/ Rizki Halim
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengarahkan agar program Ultra Mikro Kredit (UMi) bisa mendorong kemandirian desa.

Program kredit lunak ini diharapkan tak lagi menyasar individu namun desa untuk pertumbuhan ekonomi masing-masing individunya.

“Kami arahkan pada kemandirian desa-desa saja. Hal ini karena kami tak lagi berikan kredit mikro bergulir dan membantu warga miskin sekarang tidak mudah,” kata Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, usai bertemu dengan jajaran Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan DIY di Kompleks Kepatihan, Rabu (5/12/2018).

Baca: Jadwal dan Lokasi Layanan SIM Keliling Kamis 6 Desember 2018

Pihaknya pun sedang menjajaki program yang bisa dikerjasamakan untuk kemandirian desa ini.

Sultan menyebutkan harus ada kebijakan yang berbeda dalam membantu warga miskin. Pasalnya, jika warga diberi kredit mikro bergulir untuk industri rumah tangga, saat ini tantangannya adalah serbuan makanan industri besar.

Akses jalan di desa yang semakin bagus, papar Sultan mendorong banyak industri besar mampu memasarkan produk ke desa-desa. Sehingga, makanan ringan hasil industri rumah tangga kalah dengan makanan dari perusahaan besar.

Baca: Menginjak Usia ke-19, Dharma Wanita Persatuan Didorong Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga

“Dengan bunga 2 persen per tahun bisa diarahkan pada pengembangan desa agar bisa tumbuh berkembang bukan menyasar individu lagi,” ulasnya.

Dia mencontohkan, program kredit ini bisa menyasar kawasan desa wisata seperti Nglanggeran. Di sana, kredit mikro ini bisa untuk perbaikan rumah-rumah penduduk yang disewakan sebagai homestay. Atau, di kawasan Gedangsari bisa diberikan kredit untuk flying fox, di kawasan lain pun bisa dilaksanakan program serupa.

“Seperti Mangunan bisa tumbuh dan berkembang dan memajukan warganya,” katanya. (tribunjogja)

Penulis: ais
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved