Kulon Progo

PDAM Tirta Binangun Suplai Air Bersih ke NYIA

PDAM Tirta Binangun Kulon Progo akan memasok kebutuhan air bersih di bandara baru NYIA Temon.

PDAM Tirta Binangun Suplai Air Bersih ke NYIA
TRIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu
Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara pemrakarsa pembangunan NYIA PT Angkasa Pura I dan PDAM Tirta Binangun terkait pasokan kebuthan air bersih, Senin (3/12/2018) di Ruang Sermo Kompleks Pemkab Kulon Progo. 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Binangun Kulon Progo akan memasok kebutuhan air bersih di bandara baru Yogyakarta (New Yogyakarta International Airport/NYIA) di Temon.

Bahan baku dimungkinkan bakal mengambil dari Sungai Progo.

Kerjasama itu dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani pemrakarsa pembangunan NYIA PT Angkasa Pura I dan PDAM Tirta Binangun, Senin (3/12/2018) di Ruang Sermo Kompleks Pemkab Kulon Progo.

MoU antara lain terkait pemberdayaan sumber daya manusia melalui seleksi, pendidikan, dan pelatihan bagi warga terdampak bandar udara khususnya dan masyarakat Kabupaten Kulon Progo pada umumnya.

Selain itu juga pemberdayaan koperasi sebagai bentuk tanggung jawab sosial bagi warga terdampak bandar udara serta kerja sama Badan USaha Milik Daerah (BUMD) Kulon Progo dengan AP I atau anak usahanya dalam mendukung pembangunan dan kegiatan jasa terkait kebandarudaraan.

Direktur Utama PT AP I Faik Fahmi dalam kesempatan itu mengatakan kerjasama ini menjadi bagian dari komitmen AP I agar pembangunan NYIA bisa memberi manfaat maksimal.

Tidak hanya bagi masyarakat namun juga pemerintah setempat. Hal ini juga menjadi gerbang terhadap peluang-peluang lain yang bisa dikerjasamakan di antara kedua belah pihak.

"Saat ini yang intens dibicarakan adalah terkait penyediaan air minum. Tentunya sepanjang bisa saling menguntungkan, kami akan akomodasi (kerjasama),"jelas Faik pada Tribunjogja.com sesuai acara.

Baca: Bank BPD DIY Ikut Garap Bandara NYIA, Teken Kontrak dengan PT PP dan PP KSO

Dia menyebut, kebutuhan air bersih di bandara nanti mencapai 400 kubik per hari untuk kapasitas 14 juta penumpang.

Angka ini terbilang besar dan kerjasama itu diharapkan bisa mencukupinya.

Halaman
123
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved