Bisnis

Disperindag DIY Gelar Sosialisasi BPSK di Kantor PCNU Bantul

Sosialisasi BPSK ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada konsumen mengenai hak dan kewajiban ketika membeli suatu barang atau jasa.

Disperindag DIY Gelar Sosialisasi BPSK di Kantor PCNU Bantul
TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
Disperindag DIY sosialisasikan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) 2018 di kantor pengurus cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bantul, Selasa (4/12/2018) . 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar sosialisasi Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) 2018 di kantor pengurus cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bantul, Selasa (4/12/2018)

Sosialisasi BPSK ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada konsumen mengenai hak dan kewajiban ketika membeli suatu barang atau jasa.

Sehingga diharapkan bisa lebih teliti dan tidak mudah terperdaya oleh para pelaku usaha.

"Konsumen hari ini distigma dengan ketidakberdayaan ketika dirugikan oleh pelaku usaha. Melalui sosialiasasi ini, kita harapan konsumen bisa mengerti antara hak dan kewajibannya. Sehingga lebih teliti dalam membeli," kata Kepala seksi pengawasan perdagangan, Disperindag DIY, Yanto Apriyanto pada Tribunjogja.com di sela-sela sosialiasasi.

Melalui sosialiasasi ini pula, masyarakat sebagai konsumen diharapkan bisa cerdas dan mandiri serta dapat memilah secara seksama produk-produk yang akan dibeli.

Ketika merasa dirugikan oleh pelaku usaha, konsumen setidaknya bisa mengerti langkah apa yang harus dilakukan, termasuk langkah pengaduan.

"Pelaku usaha tidak boleh acuh dan tak acuh pada persoalan ini," terangnya.

Baca: Bawang Merah Picu Inflasi DIY Sebesar 0,46%

BPSK sendiri merupakan badan yang dibentuk berdasarkan ketentuan perundang-undangan nomor 8 tahun 1999.

Dalam ketentuan undang-undang itu mengisyaratkan setiap Kabupaten/kota harus dibentuk suatu badan penyelesaian konsumen.

Tujuannya, tidak lain, untuk menangani perkara tentang sengketa antar pelaku usaha dengan konsumen.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved