Pendidikan

Bentuk Karakter Siswa, KB-TK Insan Mulia Full Day School Ajak Siswa Belajar Memerah Susu

Bentuk Karakter Siswa, KB-TK Insan Mulia Full Day School Ajak Siswa Belajar Memerah Susu

Bentuk Karakter Siswa, KB-TK Insan Mulia Full Day School Ajak Siswa Belajar Memerah Susu
Tribun Jogja/ Siti Umaiyah
Siswa KB-TK Insan Mulia Full Day School saat diperkenalkan hewan ternak di Fakultas Peternakan UGM pada Selasa (4/12/2018) 

TRIBUNJOGJA.COM - Untuk bisa mengajari anak sedari kecil menghargai segala sesuatu yang ada bisa dilakukan dengan cara latihan memerah susu sapi.

Hal tersebut dilakukan oleh KB-TK Insan Mulia Full Day School, Bantul yang sengaja membawa anak didiknya belajar memerah susu sapi di Fakultas Peternakan UGM pada Selasa (4/12).

Ani Afriyanti, Kepala Sekolah KB-TK Insan Mulia Full Day School menerangkan jika untuk bisa mengajari anak terbiasa menghargai sesuatu bisa dilakukan dengan hal yang paling sederhana, yakni anak diajari mengetahui mengenai proses pengambilan susu yang biasa dia minum sehari-hari.

Menurutnya, untuk bisa mendapatkan susu sapi, memerlukan proses yang panjang.

Baca: Peringatan Hari Ibu, Octo Ingatkan Peran Perempuan dalam Ketahanan Keluarga

"Ini adalah hal yang sederhana, kita beritahu anak mengenai proses pendapatkan susu yang tidak mudah. Harus melalui pemerahan terlebih dahulu," terangnya kepada  Tribunjogja.com  .

Dia menerangkan, dengan mengetahui proses yang panjang untuk bisa mendapatkan segelas susu, anak akan akan berpikir untuk tidak membuang-buang susu yang diberikan kepadanya.

Bukan hanya itu, hal tersebut juga melatih anak untuk belajar menghargai segala sesuatu. Tidak hanya berkenaan dengan susu yang dia minum.

Baca: Kirim 272 Satelit, Perusahaan China Ingin Sediakan WiFi Gratis di Seluruh Dunia

"Dampaknya akan banyak. Anak bisa lebih menghargai suatu proses apapun. Jadi ketika dia mau menyia-nyiakan sesuatu, dia akan berpikir, oh iya ada proses yang panjang untuk bisa mendapatkan. Itu sangat perlu dilatih sejak kecil," jelasnya.

Dia menerangkan, selain memerah susu, di Peternakan UGM anak juga diperkenalkan mengenai hewan-hewan yang ada, seperti kuda, kelinci, kambing, dan yang lainnya.

"Kita harapkan, dengan kita perkenalkan seperti ini, anak juga akan semangat minum susu karena diperkenalkan manfaat yang ada dalam susu. Kenapa kita ambil di UGM karena di tempat kita jarang juga peternakan yang bisa memerah susu," jelasnya.  ( tribunjogja.com )

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved